STRATEGI BAURAN PEMASARAN DALAM PENINGKATAN JUMLAH ANGGOTA SIMPANAN BAGI PELAJAR (Studi Kasus di BMT Rizwa Manba’ul ‘Ulum Tulungagung dan BMT Istiqomah Tulungagung)

MUHAMMAD RIZA ARDIANSYAH, 12401183263 (2023) STRATEGI BAURAN PEMASARAN DALAM PENINGKATAN JUMLAH ANGGOTA SIMPANAN BAGI PELAJAR (Studi Kasus di BMT Rizwa Manba’ul ‘Ulum Tulungagung dan BMT Istiqomah Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (180kB) | Preview
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Bauran Pemasaran dalam Peningkatan Jumlah Anggota Simpanan bagi Pelajar (Studi Kasus di BMT Rizwa Manba’ul ‘Ulum Tulungagung dan BMT Istiqomah Tulungagung)” ini ditulis oleh Muhammad Riza Ardiansyah, NIM. 12401183263, Program studi Perbankan Syariah, Jurusan Bisnis dan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. Zulfatun Ni’mah, SHI, M.Hum. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran BMT dalam memasarkan produk simpanan pelajarnya. Akan tetapi, jumlah anggotanya tidak mengalami peningkatan yang signifikan sehingga diperlukan metode dengan menerapkan strategi bauran pemasaran dalam meningkatkan jumlah anggota. Penelitian ini terdapat dua fokus penelitian pada: 1) Bagaimana konsep bauran pemasaran dalam peningkatan jumlah anggota simpanan bagi pelajar pada BMT Rizwa Manba’ul ‘Ulum Tulungagung dan BMT Istiqomah Tulungagung? 2) Apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam peningkatan jumlah anggota simpanan bagi pelajar pada BMT Rizwa Manba’ul ‘Ulum Tulungagung dan BMT Istiqomah Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi yang diambil langsung di lapangan. Sumber data yang diperoleh yaitu sumber data primer dan sekunder. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan triangulasi yaitu sumber, metode dan teori. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa: 1) Strategi yang diterapkan dalam meningkatkan jumlah anggota simpanan bagi pelajar yang dilakukan oleh BMT Rizwa Manba’ul U’lum Tulungagung dan BMT Istiqomah Tulungagung yaitu dengan strategi bauran pemasaran (marketing mix) yang terdiri dari 7P antara lain Product (Produk) menggunakan singkatan yang unik, Price (Harga) yang kompetitif, Place (Tempat) sangat strategis, Promotion (Promosi) berbagai media serta sosialisasi, Physical Eviedence (Bukati Fisik) fasilitas lengkap, People (Orang) murah senyum dan ramah dan Process (Proses) mudah dan cepat. 2) Dari sisi pendukung bahwa strategi bauran pemasaran yang dilakukan oleh BMT Rizwa Manba’ul U’lum Tulungagung dan BMT Istiqomah Tulungagung, dari ke 7 komponen bauran pemasaran tersebut masing-masing memiliki faktor pendukung dalam meningkatkan jumlah anggota simpanan bagi pelajar. Sedangkan yang menjadi penghambat dalam strategi bauran pemasaran ini hanya ada 2 komponen yaitu Promotion (Promosi) minim pengetauhan dan Process (Proses) minim pengawasan. Kata kunci: Strategi, Bauran pemasaran, Anggota, Simpanan bagi pelajar,

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Pemasaran
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Ekonomi > Tabungan
Ekonomi > Uang
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 12401183263 Riza
Date Deposited: 03 Jul 2023 06:08
Last Modified: 03 Jul 2023 06:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32612

Actions (login required)

View Item View Item