CINTYA DIAH PUSPITASARI, 12204183231 (2023) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF TIPE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERTANYA SISWA KELAS VIII SMPN 2 KADEMANGAN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (57kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (121kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (459kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (33kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul ”Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Aktif Tipe Active Knowledge Sharing Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Bertanya Siswa Kelas VIII SMPN 2 Kademangan” ini ditulis oleh Cintya Diah Puspitasari, pembimbing Nani Sunarmi, S.Si., M.Sc. Kata Kunci: Active Knowledge Sharing, hasil belajar, keterampilan bertanya Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang tergolong rendah dan kurangnya komunikasi antara siswa dengan guru ataupun dengan siswa yang lainnya. Salah satu penyebabnya adalah guru mengajar menggunakan metode ceramah, sehingga siswa hanya mendengarkan dan mencatat atau siswa sebagai penerima materi pembelajaran. oleh karena itu diperlukan metode pembelajaran yang tepat. Dalam penelitian ini, peneliti menghubungkan metode Active Knowledge Sharing dengan hasil belajar dan keterampilan bertanya. Tujuan penelitian ini, yaitu: (1) Untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran aktif tipe Active Knowledge Sharing terhadap hasil belajar siswa kelas VIII, (2) Untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran aktif tipe Active Knowledge Sharing terhadap keterampilan bertanya siswa kelas VIII, (3) Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran tipe Active Knowledge Sharing terhadap peningkatan hasil belajar dan keterampilan bertanya siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Kademangan dan sampel penelitian adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan metode Active Knowledge Sharing dan siswa kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan menerapkan metode ceramah. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data seperti metode angket, metode tes, dokumentasi dan observasi. Pengujian analisis data penelitian menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji t-test dan uji manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh metode pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai sig. 0.00 ≤ 0.05, (2) Terdapat pengaruh metode pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap keterampilan bertanya yang ditunjukkan dengan nilai sig 0.00 ≤ 0.05, (3) Terdapat pengaruh metode pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap hasil belajar dan keterampilan bertanya yang ditunjukkan dengan nilai sig. 0.000 ≤ 0.05. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Active Knowledge Sharing memiliki pengaruh terhadap hasil belajar dan keterampilan bertanya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Matematika Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183231 Cintya Diah Puspitasari |
Date Deposited: | 07 Feb 2023 04:06 |
Last Modified: | 07 Feb 2023 04:06 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32637 |
Actions (login required)
View Item |