PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF TIPE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERTANYA SISWA KELAS VIII SMPN 2 KADEMANGAN

CINTYA DIAH PUSPITASARI, 12204183231 (2023) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF TIPE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERTANYA SISWA KELAS VIII SMPN 2 KADEMANGAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (57kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (121kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (33kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul ”Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Aktif Tipe Active Knowledge Sharing Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Bertanya Siswa Kelas VIII SMPN 2 Kademangan” ini ditulis oleh Cintya Diah Puspitasari, pembimbing Nani Sunarmi, S.Si., M.Sc. Kata Kunci: Active Knowledge Sharing, hasil belajar, keterampilan bertanya Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang tergolong rendah dan kurangnya komunikasi antara siswa dengan guru ataupun dengan siswa yang lainnya. Salah satu penyebabnya adalah guru mengajar menggunakan metode ceramah, sehingga siswa hanya mendengarkan dan mencatat atau siswa sebagai penerima materi pembelajaran. oleh karena itu diperlukan metode pembelajaran yang tepat. Dalam penelitian ini, peneliti menghubungkan metode Active Knowledge Sharing dengan hasil belajar dan keterampilan bertanya. Tujuan penelitian ini, yaitu: (1) Untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran aktif tipe Active Knowledge Sharing terhadap hasil belajar siswa kelas VIII, (2) Untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran aktif tipe Active Knowledge Sharing terhadap keterampilan bertanya siswa kelas VIII, (3) Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran tipe Active Knowledge Sharing terhadap peningkatan hasil belajar dan keterampilan bertanya siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Kademangan dan sampel penelitian adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan metode Active Knowledge Sharing dan siswa kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan menerapkan metode ceramah. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data seperti metode angket, metode tes, dokumentasi dan observasi. Pengujian analisis data penelitian menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji t-test dan uji manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh metode pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai sig. 0.00 ≤ 0.05, (2) Terdapat pengaruh metode pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap keterampilan bertanya yang ditunjukkan dengan nilai sig 0.00 ≤ 0.05, (3) Terdapat pengaruh metode pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap hasil belajar dan keterampilan bertanya yang ditunjukkan dengan nilai sig. 0.000 ≤ 0.05. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Active Knowledge Sharing memiliki pengaruh terhadap hasil belajar dan keterampilan bertanya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Matematika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183231 Cintya Diah Puspitasari
Date Deposited: 07 Feb 2023 04:06
Last Modified: 07 Feb 2023 04:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32637

Actions (login required)

View Item View Item