ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII BERDASARKAN RANAH KOGNITIF REVISI TAKSONOMI BLOOM DALAM MENYELESAIKAN SOAL BANGUN RUANG SISI DATAR DI MTsN 1 TULUNGAGUNG

DAMAR DANISHWARA, 12204183304 (2023) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII BERDASARKAN RANAH KOGNITIF REVISI TAKSONOMI BLOOM DALAM MENYELESAIKAN SOAL BANGUN RUANG SISI DATAR DI MTsN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (890kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (381kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (567kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (852kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (998kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (764kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (411kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII Berdasarkan Ranah Kognitif Revisi Taksonomi Bloom Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar Di MTsN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Damar Danishwara, NIM. 12204183304, pembimbing : Nadya Alvi Rahma, S. Pd., M. Si Kata Kunci : Kemampuan Literasi Matematis, Ranah Kognitif, Revisi Taksonomi Bloom Latar belakang penelitian dalam skripsi ini adalah kemampuan literasi matematis peserta didik di Indonesia yang terbilang masih rendah, berdasarkan survey OECD dalam PISA. Kemampuan literasi matematis merupakan kemampuan seseorang untuk bernalar secara matematis dan untuk menerapkan, merumuskan, dan menafsirkan matematika di berbagai konteks dunia nyata. termasuk dalam prosedur, konsep, fakta, dan alat untuk mendeskripsikan, menjelaskan dan memprediksi fenomena. Ada 6 tingkatan level yang diperlukan oleh peserta didik dalam ketercapaian kemampuan literasi matematis. Tujuan dari penelitian ini, adalah (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis peserta didik kelas VIII dengan kognitif tinggi berdasarkan ranah kognitif revisi Taksonomi Bloom dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar di MTsN 1 Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis peserta didik kelas VIII dengan kognitif sedang berdasarkan ranah kognitif revisi Taksonomi Bloom dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar di MTsN 1 Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis peserta didik kelas VIII dengan kognitif rendah berdasarkan ranah kognitif revisi Taksonomi Bloom dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar di MTsN 1 Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif, lokasi penelitian berada di MTsN 1 Tulungagung dengan subyek penelitian yaitu 5 peserta didik yang terpilih dari 32 peserta didik. Metode pengumpulan data berupa, observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamat, triangulasi, pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Peserta didik dengan kognitif tinggi mampu mencapai tingkat kemampuan literasi matematis berada pada level 6 yaitu subyek M.A.Z.D , akan tetapi salah satu peserta didik dengan kognitif tinggi berada pada level 2 yaitu subyek E.A.R. (2) Peserta didik dengan kognitif sedang mampu mencapai tingkat kemampuan literasi matematis berada pada level 6, akan tetapi salah satu peserta didik dengan kognitif sedang berada pada level 3 yaitu subyek A.S.S (3) Peserta didik dengan kognitif rendah mampu mencapai tingkat kemampuan literasi matematis berada pada level 4 yaitu subyek V.R.T.P. Secara umum terdapat faktor-faktor yang menjadi hambatan bagi peserta didik untuk mampu memahami dan menguasai kemampuan literasi matematis. Hal ini dapat dikategorikan menjadi dua factor yaitu : faktor internal, yang berhubungan dengan aspek kognitif peseta didik. Dan faktor eksternal, yang berhubungan dengan ruang lingkup peserta didik. Seseorang yang berhadapan dengan suatu masalah ketika ia menghadapi suatu pernyataan yang tidak bisa dijawabnya atau yang tidak mampu ia pecahkan dengan pengetahuan yang ada untuknya Hal ini menandakan bahwa tidak semua pertanyaan atau soal merupakan masalah. Hanya pertanyaan yang menimbulkan konflik dalam pikiran peserta didik yang bisa disebut sebagai masalah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183304 Damar Danishwara
Date Deposited: 07 Feb 2023 03:07
Last Modified: 07 Feb 2023 03:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32641

Actions (login required)

View Item View Item