PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI GELOMBANG DAN BUNYI KELAS VIII MTsN 2 KOTA BLITAR

ALVI MUSTOFA KURNIA, 12211183002 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI GELOMBANG DAN BUNYI KELAS VIII MTsN 2 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (117kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (640kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuann Berfikir Kritis Siswa Pada Materi gelombang dan Bunyi Kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar” ini ditulis oleh Alvi Mustofa Kurnia, NIM. 12211183002, Prodi Tadris Fisika Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci : Model Pembelajaran Inkuiri, Hasil Belajar, dan Berfikir Kritis. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA materi gelombang dan bunyi, hal ini dikarenakan tidak sesuainya model pembelajaran yang diterapkan oleh guru dan membuat kegiatan belajar mengajar hanya berpusat pada guru. Model pembelajaran yang digunakan guru memiliki peran penting dalam meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA materi gelombang dan bunyi. Tujuan penelitian ini : untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi gelombang dan bunyi, untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada materi gelombang dan bunyi, serta untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar dan kemampuan berfikir kritis siswa pada materi gelombang dan bunyi kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar. Sedangkan sampel dari penelitian ini adalah 30 siswa dari kelas VIII E sebagai kelas kontrol dan 30 siswa dari kelas VIII A sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik Proportioned Statified Random Sampling karena pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan pertimbangan kelas tersebut memiliki kemampuan yang setara melalui analisis hasil tes berupa soal uraian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan dengan diterapkannya model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi gelombang dan bunyi yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi (-2 tailed) yaitu 0.000 < 0.05. sehingga H 0 ditolak dan H 1 diterima. (2) Ada pengaruh yang signifikan dengan diterapkannya model pembelajaran model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada materi gelombang dan bunyi dengan nilai signifikansi (-2 tailed) yaitu 0.000 < 0.05. sehingga H 0 ditolak dan H 1 diterima. (3) Ada pengaruh yang signifikan dengan diterapkannya model pembelajaran model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar dan kemampuan berfikir kritis siswa pada materi gelombang dan bunyi dengan nilai signifikansi (-2 tailed) yaitu 0.000 < 0.05. sehingga H 0 ditolak dan H 1 diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: S1 12211183002 ALVI MUSTOFA KURNIA
Date Deposited: 07 Feb 2023 04:24
Last Modified: 07 Feb 2023 04:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32652

Actions (login required)

View Item View Item