ALVI MUSTOFA KURNIA, 12211183002 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI GELOMBANG DAN BUNYI KELAS VIII MTsN 2 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (588kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (117kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (251kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (301kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (464kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (640kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (249kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (246kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuann Berfikir Kritis Siswa Pada Materi gelombang dan Bunyi Kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar” ini ditulis oleh Alvi Mustofa Kurnia, NIM. 12211183002, Prodi Tadris Fisika Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci : Model Pembelajaran Inkuiri, Hasil Belajar, dan Berfikir Kritis. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA materi gelombang dan bunyi, hal ini dikarenakan tidak sesuainya model pembelajaran yang diterapkan oleh guru dan membuat kegiatan belajar mengajar hanya berpusat pada guru. Model pembelajaran yang digunakan guru memiliki peran penting dalam meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA materi gelombang dan bunyi. Tujuan penelitian ini : untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi gelombang dan bunyi, untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada materi gelombang dan bunyi, serta untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar dan kemampuan berfikir kritis siswa pada materi gelombang dan bunyi kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar. Sedangkan sampel dari penelitian ini adalah 30 siswa dari kelas VIII E sebagai kelas kontrol dan 30 siswa dari kelas VIII A sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik Proportioned Statified Random Sampling karena pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan pertimbangan kelas tersebut memiliki kemampuan yang setara melalui analisis hasil tes berupa soal uraian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan dengan diterapkannya model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi gelombang dan bunyi yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi (-2 tailed) yaitu 0.000 < 0.05. sehingga H 0 ditolak dan H 1 diterima. (2) Ada pengaruh yang signifikan dengan diterapkannya model pembelajaran model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada materi gelombang dan bunyi dengan nilai signifikansi (-2 tailed) yaitu 0.000 < 0.05. sehingga H 0 ditolak dan H 1 diterima. (3) Ada pengaruh yang signifikan dengan diterapkannya model pembelajaran model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar dan kemampuan berfikir kritis siswa pada materi gelombang dan bunyi dengan nilai signifikansi (-2 tailed) yaitu 0.000 < 0.05. sehingga H 0 ditolak dan H 1 diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | S1 12211183002 ALVI MUSTOFA KURNIA |
Date Deposited: | 07 Feb 2023 04:24 |
Last Modified: | 07 Feb 2023 04:24 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32652 |
Actions (login required)
View Item |