ULFA MUBAROH, 12204183308 (2023) KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED TEOREMA PYTHAGORAS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA KELAS VIII MTsN 3 TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (942kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (447kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (392kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (173kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Materi Teorema Pythagoras Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa Kelas VIII MTsN 3 Trenggalek Tahun Ajaran 2021/2022” ini ditulis oleh Ulfa Mubaroh, NIM. 12204183308, pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci: Berpikir Kreatif, Soal Open Ended, Kemampuan Awal. Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran yang monoton, khususnya pada pelajaran matematika di kelas VIII MTsN 3 Trenggalek. Sering dijumpai dalam pembelajaran matematika hanya diberikan soal-soal rutin untuk melatih kemampuan siswa. hal ini membuat siswa hanya terfokus untuk menyelesaikan permasalahan dengan penyelesaian sesuai dengan contoh yang pernah diberikan, sehingga siswa tidak memiliki kebebasan dalam menyelesaikan permasalahan tersebut sesuai kemampuan yang dimiliki dan tidak dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatifnya. Dalam mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, peneliti memberikan permasalahan dengan tipe soal open ended mengenai materi teorema pythagoras untuk diselesaikan yang ditinjau dari kemampuan awal siswa. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan kemampuan awal tinggi dalam menyelesaikan soal open ended materi teorema pythagoras kelas VIII MTsN 3 Trenggalek tahun ajaran 2021/2022, 2) Mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan kemampuan awal sedang dalam menyelesaikan soal open ended materi teorema pythagoras kelas VIII MTsN 3 Trenggalek tahun ajaran 2021/2022, 3) Mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan kemampuan awal rendah dalam menyelesaikan soal open ended materi teorema pythagoras kelas VIII MTsN 3 Trenggalek tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian yaitu studi kasus. Subjek penelitian adalah 3 siswa kelas VIII-A1 yang mewakili kategori siswa dengan kemampuan awal tinggi, kemampuan awal sedang, dan kemampuan awal rendah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes tulis kemampuan awal, tes tulis soal open ended, dan wawancara. Teknik analisis data melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun pengecekan keabsahan dilakukan dengan peningkatan ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan kemampuan awal tinggi berada pada tingkat 3 (kreatif), yaitu memenuhi kefasihan dan keluwesan. (2) Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan kemampuan awal sedang berada pada tingkat 3 (kreatif), yaitu memenuhi indikator kefasihan dan keluwesan. (3) Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan kemampuan awal rendah berada pada tingkat 1 (kurang kreatif), yaitu hanya memenuhi kefasihan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | S1 12204183308 ULFA MUBAROH |
Date Deposited: | 08 Feb 2023 01:47 |
Last Modified: | 08 Feb 2023 01:47 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32656 |
Actions (login required)
View Item |