UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KETIDAKDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SMPN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG

ITA KURNIAWATI, 17201163439 (2023) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KETIDAKDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SMPN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (753kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (315kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (146kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (460kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ita Kurniawati. NIM 17201163439. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Ketidakdisiplinan Siswa di SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung. Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Drs. H. Timbul, M.Pd.I. Kata kunci: Upaya Guru, Mengatasi Ketidakdisiplinan. Skripsi ini membahas tentang upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi ketidakdisiplinan siswa di SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung. Kajian ini dilatarbelakangi semakin tingginya fenomena kenakalan remaja usia sekolah. SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung merupakan lembaga pendidikan umum yang memiliki tingkat ketidakdisiplinan siswa yang relatif tinggi. Untuk itu, peneliti bermaksud mengkaji lebih mendalam tentang upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi ketidakdisiplinan siswa di SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana jenis-jenis ketidakdisiplinan siswa di SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung? (2) Bagaimana faktor-faktor yang mempengaruhi ketidakdisiplinan siswa di SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung? (3) Bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi ketidakdisiplinan siswa di SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data yaitu guru pendidikan agama Islam, guru Bimbingan dan Konseling, guru Kesiswaan, dan dasiswa SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi, pemeriksaan sejawat, perpanjangan pengamatan, ketekunan/keajegan pengamat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) jenis-jenis ketidakdisiplinan siswa di SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung adalah terlambat datang ke sekolah, berkata tidak sopan, pakaian tidak rapi, tidak menggunakan atribut sekolah secara lengkap, bolos, mengantuk saat jam pelajaran, tidak mengerjakan tugas, mewarnai rambut, buang sampah sembarangan. (2) faktor-faktor yang mempengaruhi ketidakdisiplinan siswa tersebut adalah dari diri sendiri, keluarga (orang tua), lingkungan dan pergaulan sosial, dan kurangnya pemahaman agama. (3) upaya yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi ketidakdisiplinan siswa yakni: (a) Upaya preventif: menumbuhkan kegiatan keagamaan di sekolah, memberikan nasehat dan pengarahan yang mendidik siswa, mendatangkan BNN dan kepolisian, bekerjasama dengan dinas kesehatan, dokter, psikolog, dan LPA. (b) Upaya represif. Dengan memberikan teguran, memberikan hukuman, panggilan kepada siswa yang melakukan pelanggaran, memberikan bimbingan dan konseling. (c) Upaya kuratif. Menjalin kerjasama dengan orang tua siswa, kunjungan ke rumah siswa yang melakukan pelanggaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163439 ITA KURNIAWATI
Date Deposited: 08 Feb 2023 01:43
Last Modified: 08 Feb 2023 01:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32664

Actions (login required)

View Item View Item