ITA KURNIAWATI, 17201163439 (2023) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KETIDAKDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SMPN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (753kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (315kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (146kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (460kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (398kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (277kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (147kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Ita Kurniawati. NIM 17201163439. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Ketidakdisiplinan Siswa di SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung. Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Drs. H. Timbul, M.Pd.I. Kata kunci: Upaya Guru, Mengatasi Ketidakdisiplinan. Skripsi ini membahas tentang upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi ketidakdisiplinan siswa di SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung. Kajian ini dilatarbelakangi semakin tingginya fenomena kenakalan remaja usia sekolah. SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung merupakan lembaga pendidikan umum yang memiliki tingkat ketidakdisiplinan siswa yang relatif tinggi. Untuk itu, peneliti bermaksud mengkaji lebih mendalam tentang upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi ketidakdisiplinan siswa di SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana jenis-jenis ketidakdisiplinan siswa di SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung? (2) Bagaimana faktor-faktor yang mempengaruhi ketidakdisiplinan siswa di SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung? (3) Bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi ketidakdisiplinan siswa di SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data yaitu guru pendidikan agama Islam, guru Bimbingan dan Konseling, guru Kesiswaan, dan dasiswa SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi, pemeriksaan sejawat, perpanjangan pengamatan, ketekunan/keajegan pengamat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) jenis-jenis ketidakdisiplinan siswa di SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung adalah terlambat datang ke sekolah, berkata tidak sopan, pakaian tidak rapi, tidak menggunakan atribut sekolah secara lengkap, bolos, mengantuk saat jam pelajaran, tidak mengerjakan tugas, mewarnai rambut, buang sampah sembarangan. (2) faktor-faktor yang mempengaruhi ketidakdisiplinan siswa tersebut adalah dari diri sendiri, keluarga (orang tua), lingkungan dan pergaulan sosial, dan kurangnya pemahaman agama. (3) upaya yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi ketidakdisiplinan siswa yakni: (a) Upaya preventif: menumbuhkan kegiatan keagamaan di sekolah, memberikan nasehat dan pengarahan yang mendidik siswa, mendatangkan BNN dan kepolisian, bekerjasama dengan dinas kesehatan, dokter, psikolog, dan LPA. (b) Upaya represif. Dengan memberikan teguran, memberikan hukuman, panggilan kepada siswa yang melakukan pelanggaran, memberikan bimbingan dan konseling. (c) Upaya kuratif. Menjalin kerjasama dengan orang tua siswa, kunjungan ke rumah siswa yang melakukan pelanggaran.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201163439 ITA KURNIAWATI |
Date Deposited: | 08 Feb 2023 01:43 |
Last Modified: | 08 Feb 2023 01:43 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32664 |
Actions (login required)
View Item |