PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS ANEKDOT MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS X MA AL-MA’ARIF TULUNGAGUNG

LUQMAN YUSUFA HAMZAH, 17210163085 (2022) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS ANEKDOT MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS X MA AL-MA’ARIF TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (594kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (479kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (570kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (488kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (527kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (526kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (290kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Anekdot Menggunakan Strategi Pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada Siswa Kelas X MA Al-Ma’arif Tulungagung” ini ditulis oleh Luqman Yusufa Hamzah, NIM 17210163085, Jurusan Tadris Bahasa Indonesia (TBI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN SATU Tulungagung, pembimbing Dr. Erna Iftanti, SS., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis teks anekdot menggunakan strategi pembelajaran think pair share (TPS) pada siswa kelas X MA Al-Ma’arif Tulungagung. Penelitan ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan memilih lokasi penelitian di MA Al-Ma’arif Tulungagung. Pengumpulan datanya menggunakan observasi partisipan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Proses peningkatan keaktifan dan kemampuan menulis anekdot melalui strategi Think Pair Share pada siswa kelas X MA Al-Ma’arif Tulungagung dilaksanakan secara Top Down adalah proses peningkatan yang dimulai dari struktur hierarki tertinggi sekolah yaitu Kepala sekolah. Kepala sekolah memulai dengan memberi himbauan kepada guru untuk mampu mendorong motivasi siswa dalam menulis. Dalam hal ini guru menggunakan strategi Think Pair Share untuk meningkatkan kreatifitas siswa. 2) Pelaksanaan peningkatan keaktifan dan kemampuan menulis anekdot melalui strategi Think Pair Share pada siswa kelas X MA Al-Ma’arif Tulungagung dilaksanakan secara Intensif, guru dalam melaksanakan strategi Think Pair Share langsung berhubungan dengan siswa dengan cara mendampingi siswa mulai dari memotivasi sehingga siswa memiliki inspirasi dalam menulis. Apabila ada siswa yang belum memiliki kreatifitas, maka guru akan memantik siswa tersebut dengan cara mencontohkan siswa yang telah menemukan ide sebagai contohnya. 3) Hambatan dalam pelaksanaan peningkatan keaktifan dan kemampuan menulis anekdot melalui strategi Think Pair Share pada siswa kelas X MA Al-Ma’arif Tulungagung adalah faktor kemampuan siswa. Hal ini terjadi karena siswa masih kesulitan mencari inspirasi dan kurangnya kompetensi dalam menulis oleh karenanya diperlukan pendampingan guru secara ekstra untuk menyelesaikan kepenulisan siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Gaya Belajar
Pendidikan > Manajemen Pembelajaran
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 17210163085 Luqman Yusufa Hamzah
Date Deposited: 28 Feb 2023 04:39
Last Modified: 28 Feb 2023 04:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32668

Actions (login required)

View Item View Item