ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM PENGGUNAAN KREDIT KONSUMTIF PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus di PT. Vaganza Sukses Mandiri Cabang Trenggalek)

FAHMI ARDI AZHARI, 17508164016 (2023) ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM PENGGUNAAN KREDIT KONSUMTIF PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus di PT. Vaganza Sukses Mandiri Cabang Trenggalek). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (357kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul Analisis Perilaku Konsumen dalam Penggunaan Kredit Konsumtif Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Kasus di PT. Vaganza Sukses Mandiri Cabang Trenggalek) ini ditulis oleh Fahmi Ardi Azhari, NIM: 17508164016, Pembimbing Dr. H. Ahmad Muhtadi Anshor, M. Ag., dan Dr. Agus Eko Sujianto, S.E., M.M., Kata Kunci: Perilaku Konsumen, Kredit Konsumtif, Ekonomi Syariah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena perilaku konsumen yang beraneka ragam dalam pembelian kredit. Dimana pembelian kredit dipandang bukan lagi sebagai pemenuh kebutuhan tetapi menjadi gaya hidup konsumen. Konsumen yang mampu membeli secara tunai lebih memilih untuk melakukan kredit dan apa yang menjadi pengaruh menjamurnya konsumen yang melakukan kredit konsumtif. Rumusan masalah dalam penelitian tesis ini adalah (1) Bagaimana perilaku konsumen PT. Vaganza Sukses Mandiri Cabang Trenggalek mempengaruhi dalam penggunaan kredit konsumtif? (2) Bagaimana dampak yang ditimbulkan terhadap perilaku penggunaan kredit konsumtif oleh konsumen PT. Vaganza Sukses Mandiri Cabang Trenggalek? (3) Bagaimana Konsep Ekonomi Syariah terhadap perilaku konsumen dalam penggunaan kredit konsumtif? Tesis ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dan dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan teknik deskriptif kualitatif yang menganalisis data tertulis maupun lisan tentang fenomena yang terjadi. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa (1)perilaku konsumtif pada konsumen PT. Vaganza Sukses Mandiri Cabang Trenggalek memiliki motif pembelian dapat dibedakan menjadi tiga yaitu: motif emosional, motif rasional, motif patronage. (2)Jual beli yang dilakukan antara perusahaan dan konsumen PT. Vaganza Sukses Mandiri Cabang Trenggalek memiliki banyak dampak positif maupun dampak negative. Dampak positif yang didapat meliputi: memudahkan konsumen untuk memiliki apa yang diinginkan tanpa harus memiliki cukup uang,memberikan kepuasan pada kreditur, menambah pengalaman. Sedangkan, dampak negatif dari jual beli secara kredit diantaranya adalah: kecenderungan untuk selalu menggunakan jasa kredit, sikap konsumeris bertambah subur. (3) Perilaku konsumen PT. Vaganza Sukses Mandiri Cabang Trenggalek dalam penggunaan kredit konsumtif terjadi karena atas dasar kebutuhan dan manfaat yang diterima serta keuntungan-keuntungan yang didapat tanpa adanya keinginan untuk menghambur-hamburkan harta atau berperilaku boros.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Ekonomi > Konsumen
Ekonomi > Kredit
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17508164016 FAHMI ARDI AZHARI
Date Deposited: 06 Mar 2023 02:42
Last Modified: 06 Mar 2023 02:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32681

Actions (login required)

View Item View Item