PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DENGAN MEDIA VISUAL TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTsN 7 TULUNGAGUNG PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

VERANIKA SOFIANI, 12204183034 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DENGAN MEDIA VISUAL TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTsN 7 TULUNGAGUNG PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (143kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan Media Visual Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsN 7 Tulungagung pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar”, ini ditulis oleh Veranika Sofiani, NIM. 12204183034, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Tadris Matematika Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Bapak Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci : Creative Problem Solving (CPS), Media Visual, Kreativitas, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya kreativitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Kreativitas sangat dibutuhkan pada Era Revolusi 4.0 seperti saat ini. Kreativitas dapat diwujudkan dengan menerapkannya pada pembelajaran matematika agar siswa terbiasa dan lerlatih untuk kreatif. Sedangkan hasil belajar menjadi salah satu tolak ukur dari penguasaan materi siswa. Dalam hal ini penulis meneliti pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan media visual terhadap kreativitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN 7 Tulungagung pada materi bangun ruang sisi datar. Tujuan penelitian ini ada 3, yaitu: pertama, untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan media visual terhadap kreativitas matematika siswa kelas VIII MTsN 7 Tulungagung pada materi bangun ruang sisi datar. Kedua, untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan media visual terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN 7 Tulungagung pada materi bangun ruang sisi datar. Ketiga, untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan media visual terhadap kreativitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN 7 Tulungagung pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan purposive sampling. Variabel bebasnya adalah Creative Problem Solving (CPS) dengan media visual sedangkan variabel terikatnya adalah kreativitas dan hasil belajar matematika siswa. Populasi dari penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII yang berjumlah 286 siswa. 80 siswa dari 286 siswa sebagai sampel yang terdiri dari 2 kelas. Teknik analisis menggunakan t-tes. Metode pengumpulan data menggunakan tes. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan tes diatas, selanjtnya penulis menggunakan analisis dengan teknik uji-t dua pihak pada taraf signifikansi 0,05. Selanjutnya diperoleh kesimpulan bahwa variabel Creative Problem Solving (CPS) dengan media visual terhadap kreativitas dan hasil belajar matematika siswa menunjukkan signifikansi sebesar 0,068 ≥ 0,05, maka H0 diterima sehingga ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan media visual baik terhadap kreativitas, hasil belajar, maupun kreativitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN 7 Tulungagung pada materi bangun ruang sisi datar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: vera 12204183034 veranika sofiani
Date Deposited: 08 Feb 2023 02:39
Last Modified: 08 Feb 2023 02:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32714

Actions (login required)

View Item View Item