FAZA KHOIRUNNISA, 12204183033 (2023) KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH SPLDV DITINJAU DARI TAKSONOMI SOLO DI KELAS VIII-A MTsN 5 KEDIRI. [ Skripsi ]
|
Text
SAMPUL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (427kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (286kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (443kB) | Preview |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (560kB) |
||
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (483kB) |
||
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (880kB) |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (346kB) |
||
Text
BAB 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (309kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa dalam Pemecahan Masalah SPLDV Ditinjau dari Taksonomi SOLO di Kelas VIII-A MTsN 5 Kediri” ini ditulis oleh Faza Khoirunnisa, NIM. 12204183033, dosen pembimbing Beni Asyhar, S.Si., M.Pd. Kata Kunci : Kemampuan Pemahaman Konsep, Pemecahan Masalah, Taksonomi SOLO, SPLDV Kemampuan pemahaman konsep merupakan modal awal bagi siswa dalam proses pemecahan masalah. Namun, masih banyak ditemui siswa yang belum memahami suatu konsep dalam masalah matematika. Kemampuan pemahaman konsep siswa dengan kategori tertentu memiliki tingkat yang berbeda. Taksonomi SOLO merupakan suatu alat yang dapat digunakan untuk mengklasifikasikan tingkat kemampuan siswa kedalam lima level yakni prestructural, unistructural, multistructural, relational, dan extended abstrac. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep siswa berkemampuan matematika tinggi ditinjau dari taksonomi SOLO; 2) Kemampuan pemahaman konsep siswa berkemampuan matematika sedang ditinjau dari taksonomi SOLO; dan 3) Kemampuan pemahaman konsep siswa berkemampuan matematika rendah ditinjau dari taksonomi SOLO di kelas VIII-A MTsN 5 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Dipilih subjek dengan kategori 2 subjek berkemampuan matematika tinggi, 2 subjek berkemampuan matematika sedang, dan 2 subjek berkemampuan matematika rendah untuk dianalisa kemampuan pemahaman konsep yang dimiliki. Teknik analisis data menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Siswa berkemampuan matematika tinggi mampu memenuhi empat indikator kemampuan pemahaman konsep dan memenuhi kriteria level extended abstract ditinjau dari taksonomi SOLO; 2) Siswa berkemampuan matematika sedang mampu memenuhi empat indikator pemahaman konsep, namun keduanya memiliki tingkat kemampuan yang berbeda dalam taksonomi SOLO yakni level extended abstract dan relational; 3) Siswa berkemampuan matematika rendah hanya mampu memenuhi satu indikator pemahaman konsep sehingga tingkat kemampuannya pada level unistructural ditinjau dari taksonomi SOLO.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Masalah Matermatika Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183033 Faza Khoirunnisa |
Date Deposited: | 08 Feb 2023 06:44 |
Last Modified: | 08 Feb 2023 06:44 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32723 |
Actions (login required)
View Item |