PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL KELAS VII DI MTsN 2 KEDIRI TAHUN AJARAN 2021/2022

RETNO DEWI RESTUNINGSIH, 12204183054 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL KELAS VII DI MTsN 2 KEDIRI TAHUN AJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (773kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (280kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (647kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (248kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya minat belajar siswa dan mengakibatkan menurunnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Hal ini disebabkan saat pembelajaran matematika siswa masih acuh terhadap guru, sering terlambat masuk kelas dan tidak mau mendengarkan penjelasan dari guru. Maka sebagai guru harus terus berinovasi salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran. Oleh sebab itu peneliti menggunakan model pembelajaran flipped classroom dengan materi diluar kelas menggunakan video pembelajaran agar pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan serta siswa lebih aktif di dalam kelas. Adapun tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap minat siswa pada materi aritmetika sosial kelas VII di MTsN 2 Kediri. 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar siswa pada materi aritmetika sosial kelas VII di MTsN 2 Kediri. 3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi aritmetika sosial kelas VII di MTsN 2 Kediri. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuntitatif. Jenis penelitian ini Quasi Eksperimen Design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VII MTsN 2 Kediri. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian adalah purposive sampling dengan kelas VII L sebagai kelas eksperimen (25 siswa) dan kelas VII K sebagai kelas kontrol (25 siswa). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes dan dokumentasi. Data penelitian ini diambil dari nilai angket minat dan Post-Test yang kemudian dianalisis menggunakan uji-t dan MANOVA. Adapun hasil penelitian ini adalah : 1) Ada pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap minat siswa pada materi aritmetika sosial kelas VII di MTsN 2 Kediri, pada taraf signifikansi sebesar 0.048. 2) Ada pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar siswa pada materi aritmetika sosial kelas VII di MTsN 2 Kediri, pada taraf signifikansi sebesar 0.043. 3) Ada pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi aritmetika sosial kelas VII di MTsN 2 Kediri, pada taraf signifikansi sebesar 0.000 dan 0.024.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Aritmatika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183054 RETNO DEWI RESTUNINGSIH
Date Deposited: 10 Feb 2023 08:58
Last Modified: 10 Feb 2023 08:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32782

Actions (login required)

View Item View Item