MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK SISWA (Studi Multi Kasus di MAN 2 dan SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung)

NANANG MISDARKO, 129501203021 (2023) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK SISWA (Studi Multi Kasus di MAN 2 dan SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung). [ Disertasi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (850kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (701kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (567kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (689kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (708kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Manajemen Kesiswaan merupakan bagian yang sangat Penting/vital dalam manajemen sekolah/madrasah yang eksistensinya menjalankan fungsi melayani apa yang menjadi kebutuhan siswa dalam mengembangkan segala potensi, bakat, minat, kemauan, dalam mewujudkan berbagai cita-cita masa depan mereka. Manajemen Kesiswaan yang dijalankan dengan sistem kerja Tanggung Renteng berbasis semangat kebersamaan dapat menjadi penentu suksesnya visi, misi, dan tujuan sekolah/madrasah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi dengan informan para Siswa, Pembina ekstra, Guru, Guru BK, Wakil Kepala Sekolah, dan Kepala Sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk Membangun makna menganalisa kebutuhan peserta didik baru dalam Peningkatan prestasi Non Akademik peserta didik, Merumuskan konsep baru tentang rekrutmen peserta didik dalam meningkatkan Prestasi Non Akademik peserta didik, dan Menyusun konsep baru tentang pembinaan peserta didik dalam meningkatkan prestasi Non Akademik peserta didik di MAN 2 dan SMA N 1 Kedungwaru. Dalam menyusun analisa kebutuhan siswa yang mengarah pada tujuan untuk meningkatkan prestasi siswa, memperhitungkan daya tampung sekolah/kelas, menampung siswa berprestasi, rasio ideal antara jumlah guru dengan siswa, serta mempertimbangkan beban mengajar guru mata pelajaran dan beban mengampu untuk guru BK. Kegiatan rekrutmen siswa baru berdasar kebijakan mengutamakan keadilan sosial dalam pendidikan tanpa mengabaikan visi, misi, dan tujuan sekolah untuk mencapai prestasi optimal seluruh siswanya, ditangani tenaga pendidik dan kependidikan dengan kompetensi tinggi dan integritas yang kuat, dalam proses mendapatkan input bermutu. Sistem penerimaan siswa baru menggunakan sistem seleksi dan promosi dengan Kriteria Acuan Norma serta Kriteria Daya Tampung Sekolah. Dalam hal ini, Kepala Sekolah dan stafnya harus menyelesaikan permasalahan yang muncul pada penerimaan peserta didik baru secara bijak dengan mengakomodasi keinginan berbagai pihak. Pelaksanaan Manajemen kesiswaan lebih tepat menggunakan mekanisme kerja The Cluster Mutation Management yang disertai dengan semangat Kebersamaan. Kepala Sekolah sebagai Top Leader harus mampu membangun dan menjaga semangat itu secara berkelanjutan. Mewujudkan Visi, misi dan tujuan sekolah adalah merupakan tanggung jawab bersama seluruh civitas academica. Dengan bekerja sama lintas lini akan bisa membuat pelaksanaan manajemen kesiswaan menjadi sangat efektif dan efisien dalam pembinaan kesiswaan. Kata kunci: Manajemen kesiswaan, prestasi, siswa

Item Type: Disertasi
Subjects: Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Prestasi
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 129501203021 Nanang Misdarko
Date Deposited: 10 Feb 2023 04:02
Last Modified: 10 Feb 2023 04:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32787

Actions (login required)

View Item View Item