NANANG MISDARKO, 129501203021 (2023) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK SISWA (Studi Multi Kasus di MAN 2 dan SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung). [ Disertasi ]
|
Text
COVER.pdf Download (850kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (701kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (567kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (689kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (708kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (557kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (306kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Manajemen Kesiswaan merupakan bagian yang sangat Penting/vital dalam manajemen sekolah/madrasah yang eksistensinya menjalankan fungsi melayani apa yang menjadi kebutuhan siswa dalam mengembangkan segala potensi, bakat, minat, kemauan, dalam mewujudkan berbagai cita-cita masa depan mereka. Manajemen Kesiswaan yang dijalankan dengan sistem kerja Tanggung Renteng berbasis semangat kebersamaan dapat menjadi penentu suksesnya visi, misi, dan tujuan sekolah/madrasah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi dengan informan para Siswa, Pembina ekstra, Guru, Guru BK, Wakil Kepala Sekolah, dan Kepala Sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk Membangun makna menganalisa kebutuhan peserta didik baru dalam Peningkatan prestasi Non Akademik peserta didik, Merumuskan konsep baru tentang rekrutmen peserta didik dalam meningkatkan Prestasi Non Akademik peserta didik, dan Menyusun konsep baru tentang pembinaan peserta didik dalam meningkatkan prestasi Non Akademik peserta didik di MAN 2 dan SMA N 1 Kedungwaru. Dalam menyusun analisa kebutuhan siswa yang mengarah pada tujuan untuk meningkatkan prestasi siswa, memperhitungkan daya tampung sekolah/kelas, menampung siswa berprestasi, rasio ideal antara jumlah guru dengan siswa, serta mempertimbangkan beban mengajar guru mata pelajaran dan beban mengampu untuk guru BK. Kegiatan rekrutmen siswa baru berdasar kebijakan mengutamakan keadilan sosial dalam pendidikan tanpa mengabaikan visi, misi, dan tujuan sekolah untuk mencapai prestasi optimal seluruh siswanya, ditangani tenaga pendidik dan kependidikan dengan kompetensi tinggi dan integritas yang kuat, dalam proses mendapatkan input bermutu. Sistem penerimaan siswa baru menggunakan sistem seleksi dan promosi dengan Kriteria Acuan Norma serta Kriteria Daya Tampung Sekolah. Dalam hal ini, Kepala Sekolah dan stafnya harus menyelesaikan permasalahan yang muncul pada penerimaan peserta didik baru secara bijak dengan mengakomodasi keinginan berbagai pihak. Pelaksanaan Manajemen kesiswaan lebih tepat menggunakan mekanisme kerja The Cluster Mutation Management yang disertai dengan semangat Kebersamaan. Kepala Sekolah sebagai Top Leader harus mampu membangun dan menjaga semangat itu secara berkelanjutan. Mewujudkan Visi, misi dan tujuan sekolah adalah merupakan tanggung jawab bersama seluruh civitas academica. Dengan bekerja sama lintas lini akan bisa membuat pelaksanaan manajemen kesiswaan menjadi sangat efektif dan efisien dalam pembinaan kesiswaan. Kata kunci: Manajemen kesiswaan, prestasi, siswa
Item Type: | Disertasi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran Pendidikan > Peserta Didik Pendidikan > Prestasi |
Divisions: | Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 129501203021 Nanang Misdarko |
Date Deposited: | 10 Feb 2023 04:02 |
Last Modified: | 10 Feb 2023 04:02 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32787 |
Actions (login required)
View Item |