FIFI ERISA, 12205183155 (2023) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS II MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA CAKUL DONGKO TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas II MI Nurul Huda Cakul Dongko Trenggalek”, ini ditulis oleh Fifi Erisa, NIM. 12205183155, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan dibmbing oleh Dr. H. Nur Effendi, M.Ag Kata Kunci : Strategi guru, Kesulitan Membaca Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena dalam suatu kegiatan pembelajaran, pembahasan tentang strategi guru untuk mengatasi kesulitan membaca. Faktanya bagi siswa pelajaran membaca pada pembelajaran tematik merupakan mata pelajaran yang sulit, karena masih ada siswa yang belum lancar membaca dan tentunya akan kesulitan dalam melafalkan, mengartikan, dan memahaminya. Sehingga pada saat pembelajaran berlangsung mereka tidak tertarik mengikutinya karena tidak paham dengan apa yang dijelaskan oleh guru. Dengan adanya fenomena tersebut, peneliti ingin mengetahui lebih dalam tentang strategi yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi kesulitan membaca pada kelas II MI Nurul Huda. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi guru dalam mengatasi kesulitan membaca pada pembelajaran tematik kelas II MI Nurul Huda Cakul Dongko Trenggalek? (2) Bagaimana faktor penghambat dan pendukung strategi guru dalam mengatasi kesulitan membaca siswa pada pembelajaran tematik kelas II MI Nurul Huda Cakul Dongko Trenggalek? (3) Bagaimana evaluasi strategi guru dalam mengatasi kesulitan membaca siswa pada pembelajaran tematik kelas II MI Nurul Huda Cakul Dongko Trenggalek?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi, faktor penghambat dan pendukung strategi, evaluasi strategi guru dalam mengatasi kesulitan membaca siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Dalam melakukan pengumpulan data, peneliti menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan data menggunakan ketekunan pengamat da triangulasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa : (1) Penambahan jam pelajaran, bimbingan belajar, membaca berulang-ulang, dan memotivasi siswa untuk belajar membaca. (2) Faktor penghambat: Fasilitas sekolah yang kurang memadai, kurangnya kesadaran diri siswa tentang pentingnya belajar membaca, lingkungan masyarakat yang buruk, keadaan ekonomi keluarga yang rendah sehingga pendidikan anak kurang diperhatikan. Faktor pendukung : Minat belajar siswa, lingkungan sekolah yang menunjang proses belajar, kejasama guru dan orang tua sehingga proses belajar berjalan dengan baik. (3) Evaluasi strategi guru dalam mengatasi kesulitan membaca adalah membaca secara berulang-ulang agar siswa memahami isi bacaan dengan baik, dengan adanya bimbingan belajar siswa mampu memahami pelajaran membaca yang dianggap sulit.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | S1 12205183155 FIFI ERISA |
Date Deposited: | 20 Feb 2023 08:35 |
Last Modified: | 20 Feb 2023 08:35 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32911 |
Actions (login required)
View Item |