STRATEGI MARKETING MIX DALAM MENINGKATKAN ANIMO MASYARAKAT BIDANG PENDIDIKAN (Studi Multi Kasus di MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan Blitar dan SMP Mambaus Sholihin Sumber Sanankulon Blitar)

ASYHARUL MUTTAQIN, 12601195008 (2022) STRATEGI MARKETING MIX DALAM MENINGKATKAN ANIMO MASYARAKAT BIDANG PENDIDIKAN (Studi Multi Kasus di MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan Blitar dan SMP Mambaus Sholihin Sumber Sanankulon Blitar). [ Disertasi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (981kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (340kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (625kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (546kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Disertasi dengan judul “Strategi Marketing mix dalam Meningkatkan Animo Masyarakat Bidang Pendidikan (Studi Multikasus di MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan Blitar dan SMP Mambaus Sholihin Blitar). Ditulis oleh Asyharul Muttaqin dengan Promotor Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag, dan Prof. Dr. H. Ahmad Tanzeh. M.Pd.I. Kata Kunci: Marketing mix, Animo Mayarakat Marketing mix merupakan salah satu ide dominan dalam pemasaran modern, yaitu sebagai seperangkat alat pemasaran taktis yang dapat dikendalikan dipadukan perusahaan untuk menghasilkan responss yang diinginkan di pasar sasaran. Marketing mix terdiri dari segala sesuatu yang dapat dilakukan perusahaan untuk mempengaruhi permintaan produknya. Banyak kemungkinan berkumpul menjadi empat kelompok variabel yang dikenal sebagai 4 P, yaitu product, price, place, dan promotion. Penelitian ini berupaya mengganalisis 1) Product dalam meningkatkan animo masyarakat bidang pendidikan di MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan Blitar dan SMP Mambaus Sholihin Sumber Sanankulon Blitar. 2) Price dalam meningkatkan animo masyarakat bidang pendidikan di MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan Blitar dan SMP Mambaus Sholihin Sumber Sanankulon Blitar. 3) Place dalam meningkatkan animo masyarakat bidang pendidikan di MTs Ma’arif NU Sutojayan Blitar dan SMP Mambaus Sholihin Sumber Sanankulon Blitar. 4) Promotion dalam meningkatkan animo masyarakat bidang pendidikan di MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan Blitar dan SMP Mambaus Sholihin Sumber Sanankulon Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis studi kasus dengan rancangan multikasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis data mulai dari kondsasi data, penyajian data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Data dianalisis dari data kasus tunggal dan lintas kasus. Hasil penelitian menunjukkan 1) Product sebagai strategi marketing mix dalam meningkatkan animo masyarakat bidang pendidikan meliputi kompetensi akademik (jaminan lulus dalam ujian madrasah dan ujian nasional), dan Kompetensi Kepesantrenan. 2) Price sebagai strategi marketing mix dalam meningkatkan animo masyarakat bidang meliputi pembiayaan yang Terjangkau dan Subsidi silang dan beasiswa. 3) Place sebagai strategi marketing mix dalam meningkatkan animo masyarakat bidang pendidikan di adalah lokasi madrasah di dalam pesantren. 4) Promotion sebagai strategi marketing mix dalam meningkatkan animo masyarakat bidang pendidikan di MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan Blitar dan SMP Mambaus Sholihin Sumber Sanankulon Blitar adalah Promosi secara langsung dari wali santri dan santri dan media cetak elektronik dan medsos. 5) Performance Lembaga sebagai strategi marketing mix dalam meningkatkan animo masyarakat bidang pendidikan adalah lembaga terakreditasi A, bangunan megah dan fasilitas lengkap. Kinerja layanan administrasi keuangan yang ramah, akuntabel, dan cepat, kinerja layanan makan dan minum yang tepat waktu, bergizi, sehat, variatif, dan cukup, kinerja layanan MCK yang bersih dan mencukup, kinerja layanan keamanan serta kenyamanan, guru dan pembimbing adalah orang tua siswa. 6) Pray sebagai strategi marketing mix dalam meningkatkan animo masyarakat bidang pendidikan adalah istigasah dan aurotan lainnya dan guru spiritual.

Item Type: Disertasi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12601195008 ASYHARUL MUTTAQIN
Date Deposited: 09 Mar 2023 04:48
Last Modified: 09 Mar 2023 04:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33244

Actions (login required)

View Item View Item