MASNAH, 12201183159 (2023) PENGARUH PEMANFAATAN SOSIAL MEDIA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIS PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTS NU JOHO PACE NGANJUK. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (862kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (394kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (188kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (504kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (639kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (614kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (428kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (313kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (281kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (193kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Pemanfaatan Sosial Media Terhadap Minat dan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadis Peserta Didik Kelas VIII di MTs NU Pace Nganjuk” ini ditulis oleh MASNAH, NIM. 12201183159, Dosen Pembimbing Moh. Mashudi, M.Pd.I. Kata Kunci: Pemanfaatan Sosial media, Minat Belajar, Hasil Belajar . Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang berminatnya penggunaan sosial media dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis, karena masih kurang menarik yang dapat mempengaruhi minat dan hasil belajar peserta didik menjadi menurun. Pemanfaatan atau penggunaan sosial Media ini menggunakan aplikasi Whtasapp Group oleh siswa di MTs NU Pace Nganjuk untuk merangsang minat belajar siswa dan mendapatkan hasil belajar yang diingkan. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) adakah pengaruh pemanfaatan sosial media terhadap minat belajara Al-Qur’an Hadis peserta didik kelas VIII di MTs NU Joho Pace Nganjuk? (2) adakah pengaruh pemanfaatan sosial media terhadap Hasil Belajar Al-Qur’an Hadis peserta didik kelas VIII di MTs NU Joho Pace Nganjuk ? (3) adakah pengaruh pemanfaatan sosial media terhadap minat dan hasil belajar al-Qur’an Hadis peserta didik kelas VIII di MTs NU Joho Pace Nganjuk?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menguji Pengaruh Pemanfaatan sosial media terhadap minat belajar Al-Qur’an Hadis peserta didik kelas VIII di MTs NU Pace Nganjuk. (2) Untuk menguji Pengaruh Pemanfaatan sosial media terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadis peserta didik kelas VIII di MTs NU Pace Nganjuk. (3) Untuk menguji Pengaruh Pemanfaatan sosial media terhadap minat belajar dan hasil belajar Al-Qur’an Hadis peserta didik kelas VIII di MTs NU Pace Nganjuk Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental. Populasi yang digunakan adalah seluruh peserta didik kelas VIII sebanyak 132 peserta didik sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A sebanyak 26 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebanyak 26 peserta didik sebagai kelas kontrol. Teknilk pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes dan dokumentasi. Uji hipotesis menggunakan uji T dan uji Manova. Hasil analisis data dan pembeahasan mengenai pengaruh pemanfaatan sosial media terhadap minat dan hasil belajar al-Qur’an Hadis peserta didik kelas VIII di MTs NU Joho Pace Nganjuk menunjukkan bahwa (1) Tidak ada pengaruh penggunaan intensitas sosial media terhadap minat belajar Al-Qur’an Hadis peserta didik kelas VIII di MTs NU Joho Pace Nganjuk, dengan menggunakan uji T (independent t test ) menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan penggunaan sosial media terhadap minat belajar Al-Qur’an Hadis peserta didik kelas VIII di MTs NU Joho Pace Nganjuk. Ini dapat dibuktikan dengan nilai sig. (2-tailed) yakni sebesar 0,080 sehingga nilai Sig. (tailed) adalah 0,080 > 0,05 maka Ha ditolak H0 diterima. (2) Tidak ada pengaruh penggunaan intensitas sosial media terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadis peserta didik kelas VIII di MTs NU Joho Pace Nganjuk dengan menggunakan uji T (independent t test ) menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan penggunaan sosial media terhadap minat belajar Al-Qur’an Hadis peserta didik kelas VIII di MTs NU Joho Pace Nganjuk. Ini dapat dibuktikan dengan nilai sig. (2-tailed) yakni sebesar 0,080 sehingga nilai Sig. (tailed) adalah 0,080 > 0,05 maka Ha ditolak H0 diterima. (3) Tidak ada pengaruh penggunaan terhadap minat dan hasil belajar Al-Qur’an Hadis peserta didik kelas VIII di MTs NU Joho Pace Nganjuk, menggunakan uji Manova dengan hasil output uji Manova pada Pillai’s Trace Wilks’ Lambda, Hotteling’s Trace, dan Roy’s Largest Root menunjukkan nilai Sig. 0,151. Ini berarti 0,151 > 0,05 sehingga Ha ditolak H0 diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183159 MASNAH |
Date Deposited: | 15 Mar 2023 06:36 |
Last Modified: | 15 Mar 2023 06:36 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33313 |
Actions (login required)
View Item |