PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REACT TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH PADA MANUSIA DI SMAN 1 KALIDAWIR

FERA ADE RIANI, 12208183097 (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REACT TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH PADA MANUSIA DI SMAN 1 KALIDAWIR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (755kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (210kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (592kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (234kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran REACT Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pertahanan Tubuh pada Manusia di SMAN 1 Kalidawir” ditulis oleh Fera Ade Riani, Jurusan Tadris Biologi, NIM. 12208183097, dibimbing oleh Ali Amirul Muminin, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran REACT, Minat Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya minat belajar pada peserta didik dan rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran biologi di SMAN 1 Kalidawir. Penerapan model belajar yang digunakan menyebabkan peserta didik menjadi pasif, pendidik menggunakan metode ceramah dan penugasan. Oleh sebab itu diperlukan model pembelajaran REACT sebagai alternatif dalam proses pembelajaran biologi di kelas XI. Model pembelajaran REACT merupakan model pembelajaran yang mampu meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran REACT terhadap minat belajar peserta didik pada materi sistem pertahanan tubuh manusia di SMAN 1 Kalidawir. (2) Mengetahui pengaruh model pembelajaran REACT terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem pertahanan tubuh manusia di SMAN 1 Kalidawir. (3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran REACT terhadap minat dan hasil belajar peserta didik pada materi sistem pertahanan tubuh manusia di SMAN 1 Kalidawir. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi eksperiment research, desain penelitian yang digunakan adalah non-equivalen control group design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Kalidawir, sampel penelitian yang digunakan adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan purposive sampling. Metode penggumpulan data menggunakan tes, angket. Teknis analisis data menggunakan uji T untuk menguji hipotesis 1 dan hipotesis 2, serta uji Manova untuk menguji hipotesis 3 dengan bantuan SPSS 25.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan (1) Model pembelajaran REACT berpengaruh terhadap minat belajar peserta didik pada materi sistem pertahanan tubuh pada manusia di SMAN 1 Kalidawir yang dibuktikan oleh hasil uji independent t-test dengan nilai sig. = 0,029 < 0,05. (2) Model pembelajaran REACT berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem pertahanan tubuh pada manusia di SMAN 1 Kalidawir yang dibuktikan oleh hasil uji independent t-test dengan nilai sig. = 0,000 < 0,05. (3) Model pembelajaran REACT berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar peserta didik pada materi sistem pertahanan tubuh pada manusia di SMAN 1 Kalidawir yang dibuktikan oleh hasil uji manova dengan nilai sig. minat belajar = 0,029 < 0,05 dan nilai sig. hasil belajar = 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208183097 Fera Ade Riani
Date Deposited: 05 Apr 2023 06:52
Last Modified: 05 Apr 2023 06:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33451

Actions (login required)

View Item View Item