NALAR FIKIH GENERASI Z DI INDONESIA (Studi Kasus di SMAN 2 Lamongan dan MA "Matholi'il Anwar" Lamongan)

ABDULLOH FAQIH, 12502185021 (2022) NALAR FIKIH GENERASI Z DI INDONESIA (Studi Kasus di SMAN 2 Lamongan dan MA "Matholi'il Anwar" Lamongan). [ Disertasi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (840kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (529kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (544kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (624kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (926kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (784kB)
[img] Text
BAB VIII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena hadirnya era internet yang disertai dengan semakin masifnya penetrasi media sosial dalam berbagai aspek kehidupan agama, ekonomi, politik, dan sosial budaya yang mampu memberikan kenyamanan sekaligus kemudahan kepada para penggunanya. Kemudahan-kemudahan ini dapat dirasakan dengan munculnya perangkat mobile yang cukup dengan satu sentuhan pada alat dalam genggaman (smartphone), masyarakat sudah dapat menjangkau beragam informasi dengan jarak dan ruang yang tidak terbatas. Pada situasi seperti inilah lahirnya Generasi Z, yakni mereka yang lahir setelah tahun 1997 dan merupakan mayoritas penduduk dunia saat ini. Fokus penelitian ini adalah fenomena Generasi Z dalam mencari dalil secara online atas berbagai masalah kehidupan mereka yang semakin kompleks dan baru. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini sebagai berikut; (1) mengapa terjadi proses pergeseran nalar fikih offline menuju nalar fikih online pada Generasi Z?, (2) bagaimana tipologi materi fikih online pada Generasi Z?, (3) bagaimana proses filtrasi materi fikih online pada Generasi Z?, dan (4) bagaimana kecenderungan fikih online pada Generasi Z? Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi multisitus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi terhadap Generasi Z yang berada di MA “Matholi’ul Anwar” Lamongan dan SMAN 2 Lamongan yang tidak mengikuti program boarding school di lembaganya. Temuan penelitian menunjukkan bahwa; (1) pergeseran nalar fikih offline menuju nalar fikih online terjadi karena Generasi Z ini merupakan digital natives atau penutur asli teknologi digital sehingga lebih menyukai pemanfaatan internet dalam mencari jawaban dan memahami fikih daripada membaca dan bertanya kepada guru dengan alasan lebih privasi, efektif, dan efisien, (2) tipologi materi fikih online yang mereka akses terdapat dua kelompok tipologi yakni kelompok tipologi konservatif dan kelompok tipologi moderat, (3) filtrasi yang dilakukan Generasi Z dalam menggali, memelajari, dan memahami materi fikih secara online dapat dikelompokkan menjadi dua kelompok yakni kelompok yang tidak melakukan filtrasi dan kelompok yang melakukasn filtrasi, (4) kecenderungan materi fikih online yang menjadi pilihan Generasi Z ditemukan ada lima peringkat pokok materi fikih online yang dipilih Generasi Z. Kelima peringkat materi fikih tersebut yaitu: peringkat pertama meliputi tema ibadah; peringkat kedua meliputi tema jihad; peringkat ketiga meliputi tema politik dalam Islam; peringkat keempat meliputi tema zakat, sedekah, serta haji; dan peringkat kelima meliputi tema hubungan pria dan wanita dalam Islam. Kata Kunci: Nalar Fikih, Generasi Z

Item Type: Disertasi
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Studi Islam Interdisipliner
Depositing User: 12502185021 Abdullah Faqih
Date Deposited: 27 Mar 2023 04:23
Last Modified: 27 Mar 2023 04:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33466

Actions (login required)

View Item View Item