STRATEGI GURU DALAM MENGATASI BELAJAR MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTsN 4 TULUNGAGUNG

EVA KHONINGATUL NGAZIZAH, 17201163076 (2023) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI BELAJAR MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTsN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (840kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (404kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (270kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (436kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (320kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Mengatasi Belajar Mata Pelajaran Al-Qur‟an Hadits Peserta Didik Kelas VII Di MTsN 4 Tulungagung, Tahun 2020 “ ini ditulis oleh Eva Khoningatul Ngazizah, NIM. 17201163076. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I. Kata Kunci : Strategi Guru, Al-Quran Hadits, Kesulitan Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah keadaan peserta didik yang mengalami hambatan atau gangguan dalam proses belajar. Penyebab kesulitan belajar pada diri seorang peserta didik bisa disebabkan dari faktor internal dan faktor eksternal. Kesulitan belajar pasda seorang peserta didik sangat mungkin bisa bersikap menetap atau mungkin juga hanya bersifat sementara dan berlangsung dalam kurun waktu tertentu, baik sebentar atau dalam kurun waktu yang lama. Sehingga perlu mendapatkan perhatian khusus karena semuanya akan berdampak pada dirinya maupuan lingkungannya, agar nantinya dapat mengubah pola pikir dan tingkah laku peserta didik. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi guru Al Qur‟an Hadits melalui program bengkel Al-Qur‟an dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik kelas VII di MTsN 4 Tulungagung ? (2) Bagaimana hambatan strategi guru Al-Qur‟an Hadits melalui program bengkel Al-Qur‟an dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik kelas VII di MTsN 4 Tulungagung ? (3) Bagaiamana dampak strategi guru Al-Qur‟an Hadits melalui program bengkel Al-Qur‟an dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik kelas VII di MTsN 4 Tulungagung ? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan strategi guru Al Qur‟an Hadits melalui progam bengkel Al-Qur‟an dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik kelas VII di MTsN 4 Tulungagung (2) Untuk mendeskripsikan hambatan strategi guru Al-Qur‟an Hadits melalui progam bengkel Al-Qur‟an dalam mengatasi keslitan belajar peserta didik kelas VII di MTsN 4 Tulungagung (3) Untuk mendeskripsikan dampak strategi guru Al Qur‟an Hadits melalui progam bengkel Al-Qur‟an dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik kelas VII di MTsN 4 Tulungagung. Penelitian yang peneliti lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian kualitatif dengan jenis penellitian deskriptif. Lokasi penelitian di MTsN 4 Tulungagung, dengan mengoptimalkan kehadiran peneliti dalam penggalian datanya. Sumber data mencakup guru dan peserta didik. teknik pengumpulan data yaitu metode wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya pengecekkan keabsahan temuan dengan menggunakan uji kreadibilitas, keteralihan, kebergantungan dan kepastian.Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan : (1). Strategi yang dipilih oleh guru Al-Qur‟an Hadits melalui progam bengkel Al-Qur‟an dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik di ambil dan diputuskan secara bersama-sama, sehingga menemukan solusi yang tepat. Dengan di dirikannya kegiatan bengkel Al-Qur‟an. Tujuan dari kegiatan bengkel Al-Qur‟an yaitu dapat dimanfaatkan untuk mengatasi kesulitan belajar peserta didik. (2). Hambatan dari startegi guru mata pelajaran Al-Qur‟an Hadits melalui progam bengkel Al-Qur‟an yaitu kurangnya kesadaran tanggung jawab peserta didik itu sendiri. Mereka mayoritas suka membolos pada saat kegiatan dimulai, selain itu ada juga yang masih malas. Solusinya yaitu para guru harus turun tangan untuk mengobrak-obrak ke kelas masing-masing. (3). Dampak dari strategi yang guru pilih dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik sangat berdampak efektif sehingga membuahkan hasil yang positif. Dengan adanya kegiatan bengkel Al-Qur'an perubahan peserta didik sudah mulai nampak. Diantara perubahan-perubahannya yaitu kelancaran membaca mulai dari iqra' sampai lancar membaca Al-Qur'an. Selain itu adanya kegiatan ini juga bisa menigkatkan kedisiplinan peserta didik, sehingga mereka mempunyai rasa tanggung jawab.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163076 EVA KHONINGATUL NGAZIZAH
Date Deposited: 04 Apr 2023 06:29
Last Modified: 04 Apr 2023 06:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33578

Actions (login required)

View Item View Item