PENERAPAN MEDIA BALOK HURUF HIJAIYAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DASAR DI TK AL-ISHLAH TULUNGAGUNG

SITI AISYAH, 12206183111 (2023) PENERAPAN MEDIA BALOK HURUF HIJAIYAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DASAR DI TK AL-ISHLAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (275kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (473kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (805kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (248kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Media Balok Huruf Hijaiyah Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dasar di TK Al-Ishlah Tulungagung” ini ditulis oleh Siti Aisyah, NIM 12206183111, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, dibimbing oleh Dr. Nita Agustina Nurlaila Eka Erfiana, M.Pd.I. Kata Kunci : Anak Usia Dini, Media Balok Huruf Hijaiyah, Membaca Al-Qur’an Dasar Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya penggunaan media balok huruf hijaiyah dalam proses kegiatan pembelajaran membaca Al-Qur’an dasar. Saat pembelajaran, anak membaca Al-Qur’an dasar sulit dilakukan ketika berusia 4-6 tahun. Anak belum bisa mengenal huruf hijaiyah dengan baik dan masih belum bisa membaca Al-Qur’an dasar. Guru dalam mengenal masih menggunakan cara yang lama dan kurang efektif seperti anak membaca dan mendengarkan saja. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran dalam media balok huruf hijaiyah untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dasar anak di TK Al-Ishlah Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran dalam media balok huruf hijaiyah untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dasar anak di TK Al-Ishlah Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran dalam media balok huruf hijaiyah untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dasar anak di TK Al-Ishlah Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data peneliti dilakukan dengan reduksi data, paparan data dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan pembelajaran lembaga menggunakan rancangan pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH), Rencana pembelajaran Mingguan (RPPM), dan menyiapkan sarana dan prasarana agar dapat meningkatkan kemampuan anak dalam membaca Al-Qur’an Dasar, (2) Pelaksanaan media balok huruf hijaiyah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dasar, memiliki dua cara yaitu dengan cara tebak-tebakan pada balok huruf hijaiyah, dan melalui permainan mencari balok huruf hijaiyah disatu tempat dan menyebutkan nama huruf, (3) Evaluasi dalam pembelajaran media balok huruf hijaiyah, yaitu dengan menyimak anak dengan membaca buku tilawati dan guru menilai langsung pada buku tilawati digunakan sebagai buku penunjang pengenalan balok huruf hijaiyah

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206183111 SITI AISYAH
Date Deposited: 10 Apr 2023 03:34
Last Modified: 10 Apr 2023 03:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33656

Actions (login required)

View Item View Item