HERI CAHYONO PUTRO, 12502175004 (2022) KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DALAM MEMBANGUN CITRA LEMBAGA PENDIDIKAN DASAR ISLAM (Studi Multikasus di Madrasah Ibtidaiyah Al-Huda Ploso Pacitan dan Sekolah Dasar Islam Insan Cendekia Pacitan). [ Disertasi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (317kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (104kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (416kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (966kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (351kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (421kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (233kB) | Preview |
Abstract
Dalam perkembangan era society 5.0 lembaga pendidikan harus menunjukkan eksistensinya untuk mendapatkan citra yang baik oleh masyarakat. Kepala sekolah/madrasah yang berjiwa kepemimpinan transformasional berpotensi untuk memajukan lembaganya. Tujuan penelitian ini, yakni 1) kepala madrasah mengidealisasi pengaruh dalam membangun citra lembaga, 2) kepala madrasah memotivasi inspiratif dalam membangun citra lembaga, 3) kepala madrasah menstimulasi intelektual dalam membangun citra lembaga, 4) kepala madrasah mengonsiderasi individual dalam membangun citra lembaga. Metode penelitian yang digunakan, yaitu pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan rancangan multi kasus, karena meneliti dua subjek dengan latar dan karakteristik yang berbeda. Informan dalam penelitian ini meliputi, kepala madrasah/sekolah, yayasan, wakil kepala, guru, karyawan, siswa, dan wali murid. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik kondensasi data, penyajian data dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa 1) kepala madrasah mengidealisasi pengaruh dalam membangun citra melalui visi inovatif, menguatkan budaya saling menghormati, menumbuhkan komitmen saling percaya, dan etos kerja yang tinggi, 2) kepala madrasah memotivasi inspiratif dalam membangun citra lembaga melalui role model bagi stakeholder, motivator kepada sesama, berperilaku positif di dalam dan di luar lembaga serta menerapkan sudut pandang yang luas, 3) kepala madrasah menstimulasi intelektual dalam membangun citra lembaga melalui memberikan solusi yang win-win solution, mendorong guru, karyawan untuk studi lanjut, dan mengembangkan SDM guru dan karyawan, serta berani bermimpi besar, 4) kepala madrasah mengonsiderasi individual dalam membangun citra lembaga melalui komunikatif, memberikan perhatian pada stakeholder, menerapkan kepribadian yang terbuka, dan mengayomi, serta menumbuhkan rasa kekeluargaan. Kata Kunci: Idealisasi pengaruh, Motivasi inspiratif, Stimulasi intelektual, Konsiderasi individual, Citra lembaga
Item Type: | Disertasi |
---|---|
Subjects: | Kepemimpinan Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Nur Nafahatin |
Date Deposited: | 13 Apr 2023 01:49 |
Last Modified: | 13 Apr 2023 01:49 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/33990 |
Actions (login required)
View Item |