M. IHSAN NUR RIZAL, 12506194045 (2023) INTERNALISASI NILAI-NILAI AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK PERILAKU PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA (Studi Multi Situs di SMALB Kanigoro Kras Kediri dan SMALB Budi Mulya Kandat Kediri). [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (671kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (602kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (804kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (322kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (494kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (342kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (424kB) | Preview |
Abstract
Tesis dengan judul “INTERNALISASI NILAI-NILAI AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK PERILAKU PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA (Studi Multi Situs di SMALB Kanigoro Kras Kediri dan SMALB Budi Mulya Kandat Kediri)” ini di tulis oleh M. Ihsan Nur Rizal, NIM. 12506194045, di bimbing oleh Prof. Dr. Sokip,S.Ag., M. Pd.I dan Dr. H. Ahmad Zainal Abidin, M.A. Kata Kunci : Internalisasi nilai, Nilai-nilai agama Islam, Tunagrahita Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya anak berkebutuhan khusus Tunagrahita yang memiliki beberapa perilaku positif seperti bersikap ramah dan sopan kepada orang tua dan para pendidik mereka, rajin mengaji bahkan hingga berada di pondok untuk memperdalam ilmu agama Islam. Sebagaimana yang diketahui bahwa anak tunagrahita merupakan anak yang memiliki keterbatasan intelektual dibawah rata-rata serta sulit berperilaku sesuai dengan keumuman di lingkunganya bahkan beberapa dari orang mengangap mereka merupakan anak yang tidak memiliki masa depan dan tidak bisa bersosialisasi dengan masyarakat. Padahal perkara tersebut tidak sesuai dengan fakta di lapangan, dimana para peserta didik tunagrahita dapat bersosialisasi dengan baik dan memiliki beberapa perilaku positif. Hal tersebut mengarahkan peneliti untuk meneliti strategi internalisasi nilai-nilai agama Islam dalam membentuk perilaku peserta didik tunagrahita. Fokus penelitian tesis ini adalah: (1) Bagaimana pengajaran nilai-nilai agama Islam dalam membentuk perilaku peserta didik tunagrahita (Studi multi situs di SMALB Kanigoro Kras Kediri dan SMALB Budi Mulya Kandat Kediri). (2) Bagaimana peneladanan nilai-nilai agama Islam bagi peserta didik tunagrahita (Studi multi situs di SMALB Kanigoro Kras Kediri dan SMALB Budi Mulya Kandat Kediri)? (3) Bagaiamana Pembiasaan nilai-nilai agama Islam bagi peserta didik tunagrahita (Studi multi situs di SMALB Kanigoro Kras Kediri dan SMALB Budi Mulya Kandat Kediri)?. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk mengetahui pengajaran nilai-nilai agama Islam dalam membentuk perilaku peserta didik tunagrahita (Studi multi situs di SMALB Kanigoro Kras Kediri dan SMALB Budi Mulya Kandat Kediri). (2) Untuk mengetahui peneladanan nilai-nilai agama Islam dalam membentuk perilaku peserta didik tunagrahita (Studi multi situs di SMALB Kanigoro Kras Kediri dan SMALB Budi Mulya Kandat Kediri). (3) Untuk mengetahui pembiasaan nilai-nilai agama Islam dalam membentuk perilaku peserta didik tunagrahita (Studi multi situs di SMALB Kanigoro Kras Kediri dan SMALB Budi Mulya Kandat Kediri). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskripsi. Lokasi penelitian ini di SMALB Kanigoro Kecamatan Kras Kabupaten Kediri dan di SMALB Budi Mulya Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri. Dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan data reduksi (reduksi data), data display (penyajian data), consclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan). Pengabsahan data mengunakan perpanjangan kehadiran peneliti, triagulasi dan pembahasan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pengajaran nilai-nilai agama Islam dalam membentuk perilaku peserta didik tunagrahita SMALB SLB Kanigoro Kras dan SMALB Budi Mulya Kandat Kediri memiliki komponen-komponen pendidikan berupa materi, metode, media, dan evaluasi dengan menyesuaikan kebutuhan peserta didik tunagrahita. (2) Peneladanan nilai-nilai agama Islam dalam membentuk perilaku peserta didik tunagrahita melalui beberapa tahap yaitu pertama, Tahap pemilihan nilai yang ingin di internalisasikan melalui peneladanan, kedua, Tahap Pemilihan media dan waktu peneladanan nilai, waktu tersebut bisa ketika jam pembelajaran maupun diluar jam pembelajaran, ketiga, Tahap pemilihan model peneladanan, dimana model peneladanan terdapat tiga macam berupa live model, simbolic model, verbal intruktion model. Proses peneladanan dilakukan terus-menerus dan melakukan kerja sama kepada orang tua peserta didik untuk memberikan lingkungan yang baik sebagai suri tauladan peserta didik tunagrahita setiap saat. (3)Pembiasaan nilai-nilai agama Islam dalam membentuk perilaku peserta didik tunagrahita melalui praktek sholat fardhu berjama’ah, mengucapkan salam, membuang sampah pada tempatnya, dan berkata baik, selain itu dalam mengatasi kejenuhan ataupun kemalasan dalam me;lakukan pembiasaan terdapat beberapa alat-alat pembiasaan berupa alat-alat langsung berupa teladan, anjuran, latihan, hadiah dan kompetisi serta juga mengunakan alat tidak langsung berupa pengawasan, larangan dan hukuman.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12506194045 M. Ihsan Nur Rizal |
Date Deposited: | 18 Apr 2023 02:17 |
Last Modified: | 18 Apr 2023 02:17 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/34345 |
Actions (login required)
View Item |