PENINGKATAN KETERAMPILAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI CERITA FABEL MENGGUNAKAN MEDIA YOUTUBE PADA SISWA KELAS VII MTS BUSTANUL ULUM BLITAR TAHUN AJARAN 2021/2022

KHUSNA AZIZAH, 12210183074 (2023) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI CERITA FABEL MENGGUNAKAN MEDIA YOUTUBE PADA SISWA KELAS VII MTS BUSTANUL ULUM BLITAR TAHUN AJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER REPO.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK REPO.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI REPO.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I REPO.pdf

Download (403kB) | Preview
[img] Text
BAB II REPO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)
[img] Text
BAB III REPO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] Text
BAB IV REPO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)
[img] Text
BAB V REPO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)
[img] Text
BAB VI REPO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA REPO.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul Peningkatan Keterampilan Menceritakan Kembali Isi Cerita Fabel Menggunakan Media Youtube pada Siswa Kelas VII MTs Bustanul Ulum Blitar Tahun Ajaran 2021/2022 ini ditulis oleh Khusna Azizah, NIM 12210183074, pembimbing Prof. Dr. Mohammad Jazeri, S.Ag., M.Pd. Kata kunci : peningkatan, keterampilan menceritakan kembali isi cerita fabel, media youtube Pembelajaran bahasa Indonesia pada dasarnya diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar secara lisan maupun tulisan. Menceritakan kembali isi cerita fabel merupakan karya sastra yang mengutamakan imajinsi dan ingatan siswa, serta diperlukan ide dan pengembangan kosa kata yang kreatif. Realisasinya siswa kesulitan mengingat rangkaian cerita dan kesulitan dalam memilih kosa kata untuk mengembangkan cerita. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya minat siswa dalam mengikuti pembelajaran dan kurangnya kreativitas guru ketika menggunakan media pembelajaran yang mudah dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran keterampilan menceritakan kembali isi cerita menggunakan media youtube pada siswa kelas VII MTs Bustanul Ulum Blitar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIB MTs Bustanul Ulum Blitar yang berjumlah 24 siswa. Objek penelitian ini adalah keterampilan menceritakan kembali isi cerita fabel. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan desain Penelitian Tindakan kelas (PTK) hasil adaptasi model Hopkin dengan tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan pengamatan, serta refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, wawancara, tes menulis keterampilan menceritakan kembali, dan dokumentasi. Teknik analisis data ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kinerja menceritakan kembali isi cerita fabel, catatan lapangan, pedoman wawancara, angket, dan dokumentasi. Keberhasilan tindakan ditentukan oleh peningkatan proses dan hasil. Peningkatan proses tampak pada aspek keaktifan siswa, dan antusiasme siswa terhadap pembelajaran keterampilan menceritakan kembali isi cerita fabel. peningkatan tersebut terjadi secara bertahap dari pratindakan, siklus I, dan siklus II. Peningkatan hasil menceritakan kembali isi cerita fabel menggunakan media youtube dapat dilihat dari hasil penilaian karya siswa. pada pratindakan, nilai ratarata siswa adalah 45,4 dan siklus I, nilai rata-rata siswa menjadi 63,3. Pada siklus II nilai rata-rata siswa adalah 75,2.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Bahasa Dan Sastra > Narasi
Pendidikan
Pendidikan > Peserta Didik
Bahasa Dan Sastra > Speaking
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: S1 12210183074 Khusna Azizah
Date Deposited: 04 May 2023 02:26
Last Modified: 04 May 2023 02:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/34904

Actions (login required)

View Item View Item