Manajemen Strategis Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Pada Program Unggulan di Madrasah (Studi Multisitus di Madrasah Aliyah Negeri Tulungagung 1 dan Madrasah Aliyah Negeri 2 Tulungagung)

Ade Idham Prayogi, 2841124003 (2014) Manajemen Strategis Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Pada Program Unggulan di Madrasah (Studi Multisitus di Madrasah Aliyah Negeri Tulungagung 1 dan Madrasah Aliyah Negeri 2 Tulungagung). [ Thesis ]

[img] Text
Cover.doc

Download (730kB)
[img] Text
ABSTRAK.doc

Download (88kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (48kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (99kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (222kB)
[img] Text
BAB IV.doc

Download (152kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (43kB)
[img] Text
BAB VI.docx

Download (20kB)
[img] Text
Curikulum Vitae.doc

Download (36kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.docx

Download (29kB)

Abstract

ABSTRAK Nama: Ade Idham Prayogi, NIM. 2841124003, “Manajemen Strategis Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Pada Program Unggulan di Madrasah (Studi Multisitus di Madrasah Aliyah Negeri Tulungagung 1 dan Madrasah Aliyah Negeri 2 Tulungagung)”, Tesis 2014, Program Pascasarjana, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Dr. Nur Efendi, M.Ag, dan Dr. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd. Kata Kunci: Manajemen Strategis, Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran, Program Unggulan Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh lembaga pendidikan pendidikan memerlukan manajemen yang mempunyai tipe perencanaan yang tidak sekadar untuk merespon perubahan yang diperkirakan akan terjadi di masa depan, namun lebih dari itu. Lembaga pendidikan memerlukan manajemen yang mempunyai tipe perencanaan untuk menciptakan masa depan lembaga pendidikan melalui perubahan-perubahan yang dilaksanakan sejak sekarang. Di dalam manajemen tradisional, manajemen pengembangan kurikulum merupakan tanggung jawab manajemen puncak. Fokus penelitian dalam penulisan tesis ini adalah (1) Bagaimana perumusan strategi dalam pengembangan kurikulum dan pembelajaran pada program unggulan di MAN Tulungagung 1 dan MAN 2 Tulungagung? (2) Bagaimana implementasi strategi dalam pengembangan kurikulum dan pembelajaran pada program unggulan di MAN Tulungagung 1 dan MAN 2 Tulungagung? (3) Bagaimana sistem evaluasi pelaksanaan kurikulum dan pembelajaran pada program unggulan di MAN Tulungagung 1 dan MAN 2 Tulungagung? Adapun tujuan penelitiannya adalah (1) Mendeskripsikan perumusan strategi dalam pengembangan kurikulum dan pembelajaran pada program unggulan di MAN Tulungagung 1 dan MAN 2 Tulungagung. (2) Mendeskripsikan implementasi strategi dalam pengembangan kurikulum dan pembelajaran pada program unggulan di MAN Tulungagung 1 dan MAN 2 Tulungagung. (3) Mendeskripsikan sistem evaluasi pelaksanaan kurikulum dan pembelajaran pada program unggulan di MAN Tulungagung 1 dan MAN 2 Tulungagung. Metode penelitian, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis multisitus, lokasinya di MAN Tulungagung 1 dan MAN 2 Tulungagung, sumber datanya informan, peristiwa, lokasi dan dokumen, datanya primer dan sekunder, teknik pengumpulan datanya dengan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Analisis data dengan analisis data tunggal dan analisis data lintas situs, sedangkan pengecekan keabsahan datanya dengan menggunakan kreadibilitas. Hal ini dikarenakan derajat tersebut sudah mencukupi kapasitas dalam pengecekan keabsahan data pada penelitian ini. Hasil penelitian setelah diadakan analisis (1) Perumusan strategi dalam pengembangan kurikulum dan pembelajaran pada program unggulan dilaksanakan dengan rapat kinerja dan penentuan program prioritas dalam pengembangan kurikulum akselerasi dan pengembangan pembelajaran berbasis ICT Kurikulum yang dipakai sama dengan kurikulum reguler maupun bisa dengan mengadopsi kurikulum dari negara lain yang dianggap penting. (2) Implementasi kurikulum program unggulan ditandai dengan proses pembelajaran dirancang betul untuk memberikan pengalaman yang melibatkan proses mental dan fisik melalui interaksi antar peserta didik dengan guru. Dalam pelaksanaan pengembangan kurikulum program unggulan menggunakan dua bahasa yakni bahasa Inggris dan bahasa Indonesia untuk mata pelajaran MIPA, sehingga untuk memudahkan pelaksanaannya menggunakan beberapa media diantaranya LCD sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran, menjalin kerjasama dengan berbagai anggota OECD dalam pertukaran pelajar yang dilaksanakan tiap tahun bagi siswa-siswinya sehingga memotivasi para siswa untuk meningkatkan mutu pendidikan salah satu negara yang menjadi mitra dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah cambridge yang ada di Singapura. (3) Evaluasi pelaksanaan kurikulum dan pembelajaran program unggulan dilaksanakan dalam bentuk evaluasi formatif dan evaluasi sumatif. Semua evaluasi tersebut digunakan untuk mengukur keberhasilan peserta didik dan digunakan sebagai feetback bagi peserta didik. Penilaian adalah penilaian yang mengikuti kurikulum nasional. Agar bisa terukur oleh kurikulum internasional (Cambridge) yang dirujuk menjadi kurikulum KTSP plus, yang penilaiannya dilaksanakan setiap ulangan tengah semester atau kenaikan kelas, menyiapkan juga kurikulum untuk penilaian dalam bentuk bahasa Inggris, tapi hasilnya tidak dimasukkan ke dalam rapor, hanya dilampirkan dalam bentuk transkip.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: M.Pd.I 2841124003 Ade Idham Prayogi
Date Deposited: 08 Aug 2016 04:36
Last Modified: 08 Aug 2016 04:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3493

Actions (login required)

View Item View Item