Nanda Dzijah Khotijah, 2817123114 (2016) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas IV MI Bustanul Ulum Notorejo Gondang Tulungagung. [ Skripsi ]
|
Text
BAB I.pdf Download (320kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (651kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (583kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
Cover.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
Rujukan.pdf Download (220kB) | Preview |
Abstract
Make a match merupakan metode pembelajaran yang menyenangkan dengan media kartu-kartu yang dapat membuat peserta didik aktif dalam pembelajaran. Oleh sebab itu peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan metode make a match agar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran IPS. Penelitian dilatar belakangi oleh beberapa kendala yang berasal dari diri peserta didik pada saat proses pembelajaran mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Kendala tersebut antara lain (1) Dalam pembelajaran kurangnya keaktifan peserta didik dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar mata pelajaran IPS, (2) IPS dianggap sebagai mata pelajaran yang kurang menarik (3) metode yang digunakan dalam mengajar juga masih sering menggunakan ceramah, tanya jawab, dan pemberian tugas. Hal ini jika dibiarkan terus menerus akan mengakibatkan tidak tercapainya tujuan pembelajaran yang diharapkan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe make a match dalam mata pelajaran IPS pada pokok bahasan Koperasi dan Kesejahteraan rakyat pada peserta didik kelas IV MI Bustanul Ulum Notorejo Gondang Tulungagung, 2) Untuk Meningkatkan Hasil belajar IPS pokok bahasan Koperasi dan Kesejahteraan rakyat melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe make a match pada peserta didik kelas IV MI Bustanul Ulum Notorejo Gondang Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Bustanul Ulum Notorejo Gondang Tulungagung. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan mencakaup reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan metode make a match peneliti mengawali pelajaran dengan mengucap salam, do’a, menyampaikan tujuan, serta apersepsi tentang materi yang akan dipelajari. Kegiatan inti peneliti menyampaikan materi, kemudian membagi kelas menjadi dua kelompok, membagikan kartu, berdiskusi, presentasi hasil kelompok dan melakukan post test setiap siklus. Kegiatan penutup, penarikan kesimpulan, penguatan, mengakhiri pelajaran. (2) dengan penerapan metode make a match hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan di setiap siklusnya dengan nilai KKM 75. Peningkatan hasil belajar peserta didik dibuktikan dengan pre test, post test siklus I, dan post test siklus II. Dari perolehan nilai rata-rata pre test 58,40. Setelah mendapat perlakuan, pada siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 80,93 dan pada siklus 2 nilai rata-ratanya 88,90. Demikian juga dalam hal ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu 68,75.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 2817123114 Nanda Dzijah Khotijah |
Date Deposited: | 20 Sep 2016 03:54 |
Last Modified: | 20 Sep 2016 03:54 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3514 |
Actions (login required)
View Item |