LUTFI NUR ROHMAH, 12209183084 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS KINEMASTER PRO PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII UNTUK MENANAMKAN NILAI KARAKTER. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAS ISI.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (4MB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan Judul “Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Kinemaster Pro Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Untuk Menanamkan Nilai Karakter” ini ditulis oleh Lutfi Nur Rohmah, NIM. 12209183084, pembimbing Dr. Hj. Luluk Indarti, S.Ag., M.Pd.I. Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Video Animasi Latar belakang penelitian ini adalah minimnya penggunaan media pembelajaran selain buku di era kemajuan teknologi, seperti halnya yang terjadi di MTs Qomarul Hidayah Tugu Trenggalek. Meskipun sekolah memiliki fasilitas penunjang seperti LCD proyektor dan laptop, guru hanya menggunakan metode ceramah untuk menyampaikan materi pembelajaran. Begitupun peserta didik hanya memakai pada buku lembar kerja siswa (LKS) sebagai pedoman. Dalam kegiatan belajar mengajar pun membuat siswa bosan dan berakhir mengabaikan pelajaran dengan tidur. Sehingga peneliti ingin memanfaatkan fasilitas sekolah dengan mengembangkan media pembelajaran video animasi. Selain itu, melalui media pembelajaran video animasi ini peneliti ingin menanamkan nilai karakter dari tokoh nasional Ki Hajar Dewantara yang pekerja keras. Penulisan skripsi ini memiliki rumusan masalah sebagai berikut 1. Bagaimana pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis kinemaster pro pada mata pelajaran IPS kelas VIII untuk menanamkan nilai karakter? 2. Bagaimana kevalidan media pembelajaran video animasi berbasis kinemaster pro pada mata pelajaran IPS kelas VIII untuk menanamkan nilai karakter? 3. Bagaimana kepraktisan media pembelajaran video animasi berbasis kinemaster pro pada mata pelajaran IPS kelas VIII untuk menanamkan nilai karakter? Adapun tujuannya adalah untuk 1 Mengetahui pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis kinemaster pro pada mata pelajaran IPS kelas VIII untuk menanamkan nilai karakter. 2. Mengetahui kevalidan media pembelajaran video animasi berbasis kinemaster pro pada mata pelajaran IPS kelas VIII untuk menanamkan nilai karakter. 3.Mengetahui kepraktisan media pembelajaran video animasi berbasis kinemaster pro pada mata pelajaran IPS kelas VIII untuk menanamkan nilai karakter.. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang dipakai untuk menghasilkan suatu produk. Prosedur penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analyses, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian dilakukan di MTs Qomarul Hidayah Tugu Trenggalek dengan subyek penelitian siswa kelas VIII A dan B. Data kemudian dianalisis secara kuantitatif untuk keperluan evaluasi media. Hasil uji validasi oleh ahli media menyatakan bahwa media pembelajaran memenuhi kriteria layak dengan rerata presentase 77,3%. Hasil validasi ahli materi dengan rerata presentase 85,3%. Respon guru terhadap media pembelajaran dengan ratarata presentase 85%. Hasil uji coba skala kecil rata-rata presentase 87%. Hasil uji coba skala besar rata-rata presentase 88% dan 84%. Dengan demikian media pembelajaran video animasi materi bentuk mobilitas sosial dinyatakan layak.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | S1 12209183084 LUTFI NUR ROHMAH |
Date Deposited: | 10 May 2023 08:19 |
Last Modified: | 10 May 2023 08:19 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35172 |
Actions (login required)
View Item |