PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN PESERTA DIDIK KELAS V MI MUHAMMADIYAH TUMPUK TUGU TRENGGALEK

FANDI ADI PURWOKO, 2817123061 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN PESERTA DIDIK KELAS V MI MUHAMMADIYAH TUMPUK TUGU TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Sampul-Abstrak.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (120kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Peserta Didik Kelas V MI Muhammadiyah Tumpuk Tugu Trenggalek” oleh Fandi Adi Purwoko, NIM. 2817123061, pembimbing Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Matematika, Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi adanya problematika yang dihadapi dalam proses pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah guru belum bisa menemukan model yang sesuai dan tepat untuk menyampaikan materi tersebut kepada peserta didik sehingga pemahaman Peserta didik mengenai meteri tersebut belum menyeluruh. Menyikapi permasalahan tersebut, perlu dikembangkan model pembelajaran tepat dan efektif, Model pembelajaran Problem Based Learning diterapkan di materi perkalian pecahan pada soal cerita maka model ini sangat membantu pemahaman anak terhadap matematika khususnya pada materi tersebut, karena siswa akan mecari solusi secara mandiri terkait materi yang sedang dipelajari. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran Problem Based Learning yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi perkalian pecahan peserta didik kelas V MI Muhammadiyah Tumpuk Tugu Trenggalek? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar matematika materi perkalian pecahan melalui penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning peserta didik kelas V MI Muhammadiyah Tumpuk Tugu Trenggalek?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi peserta didik kelas V MI Muhammadiyah Tumpuk Tugu Trenggalek . (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika materi pecahan melalui penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning peserta didik kelas V MI Muhammadiyah Tumpuk Tugu Trenggalek. Terdapat empat langkah yang harus dilakukan proses model pembelajaran berbasis masalah, yaitu: (1) orientasi kepada masalah, mengorganisasikan siswa, (2) membimbing penyelidikan individu dan kelompok, (3) mengembangkan dan menyajikan hasil karya, menganalisa, (4) mengevaluasi proses pemecahan masalah. Dengan langkah-langkah ini diharapkan siswa mampu mengerjakan permasalahan yang diberikan oleh guru. Sehingga jawaban dalam pengerjaan masalah tersebut benar dan tepat dan siswa memiliki pengetahuan baru atas hasil usahanya dengan cara yang runtut bersama teman sekelompoknya. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sedangkan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, angket, catatan lapangan, dan dokumentasi yang langsung dilakukan di lapangan. Sumber data dari penelitian ini adalah peserta didik kelas V MI Muhammadiyah Tumpuk Tugu Trenggalek. Analisa data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I kesiklus II, yaitu mengalami peningkatan mulai tes awal siklus 1, sampai post tes akhir 2. Hal ini dapat diketahui dari rata-rata nilai siswa 50,9% ( Tes awal) meningkat menjadi 69,73% ( Tes akhir 1), dan meningkat lagi menjadi 81,67% (Tes akhir 2). Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Matematika materi pecahan pada kelas V MI Muhammadiyah Tumpuk Tugu Trenggalek.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123061 Fandi Adi
Date Deposited: 13 Jan 2017 06:51
Last Modified: 13 Jan 2017 06:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3523

Actions (login required)

View Item View Item