YENI LESTARI, 12201193326 (2023) UPAYA USTADZ/ USTADZAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL QUR’AN TERHADAP ANAK USIA DINI DI MADRASATUL QUR’AN LUBABUL FATTAH, TUNGGULSARI, KEDUNGWARU, TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (6MB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (6MB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (6MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Upaya Ustadz/ Ustadzah, Baca Tulis Al Qur’an, Anak Usia Dini. Pergeseran nilai kehidupan masyarakat dapat disebabkan oleh generasi penerus yang belum mampu untuk membaca ataupun menulis Al Qur'an secara baik. Generasi penerus harus dibentuk sejak anak usia dini. Anak usia dini merupakan usia yang mengalami masa keemasan (golden age), dimana otak anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat dan pembelajaran serta pengalaman pada anak usia dini akan membekas pada pemikiran mereka. Dalam pembelajaran baca tulis Al Qur’an lembaga madrasah merupakan lembaga yang tepat untuk membimbing anak sejak usia dini. Keberhasilan pencapaian dalam kemampuan baca tulis Al Qur’an ditentukan oleh upaya dari pihak madrasah ataupun ustadz/ ustadzah. Upaya ustadz/ ustadzah banyak dibutuhkan karena memiliki akses langsung dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al Qur’an. Dengan pencapaian dan keberhasilan dari madrasah dapat dilihat bahwa anak usia dini untuk bisa membaca Al Qur’an dengan baik dan benar dibutuhkan waktu sekitar tiga tahun. Rata- rata anak yang masuk di madrasah ini usiannya 4 tahun maka ketika usia 7 tahun mereka sudah bisa dan lancar dalam membaca maupun menulis Al Qur’an. Selain kemampuan membaca kemampuan menulispun juga menjadi perhatian khusus disini. Dengan demikian hal itu penting untuk ditelaah bagaimana program yang dijalankan di madrasatul Qur’an Lubabul Fattah, Tunggulsari, Kedungwaru, Tulungagung. Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana upaya ustadz/ ustadzah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al Qur'an terhadap anak usia dini di Madrasatul Qur'an Lubabul Fattah, Tunggulsari, Kedungwaru, Tulungagung? (2) Bagaimana upaya ustadz/ ustadzah dalam meningkatkan kemampuan menulis Al Qur'an terhadap anak usia dini di Madrasatul Qur'an Lubabul Fattah, Tunggulsari, Kedungwaru, Tulungagung? (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam upaya ustadz/ ustadzah dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al Qur'an terhadap anak usia dini di Madrasatul Qur'an Lubabul Fattah, Tunggulsari, Kedungwaru, Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian berada di Madrasatul Qur'an Lubabul Fattah, Tunggulsari, Kedungwaru, Tulungagung. Sumber data penelitian didapat melalui sumber primer yakni melalui observasi dan wawancara dengan kepala madrasah, ustadz/ ustadzah dan anak usia dini. Sumber skunder menggunakan dokumentasi yang diperoleh dari lembaga madrasah. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. xvi Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan program pembelajaran membaca menggunakan metode Iqro’, pemilihan metode tersebut karena pencipta sendiri yaitu KH. As’ad Humam dari Yogyakarta sudah mengikhlaskan jika metode ini digunakan untuk metode belajar maupun mengajar membaca Al Qur’an. Ustadz/ ustadzah menentukan langkah-langkah dalam pembelajaran metode Iqro’. Metode Iqra’ terdiri dari 6 jilid, terdapat kelebihan dan kekurang dalam penggunaan metode tersebut serta standarisasi pencapain pembelajaran. (2) Pelaksanaan program pembelajaran menulis bagi anak usia dini menggunakan metode menebali (Follow the Line) dan menyalin. Pemilihan metode tersebut karena metode paling dasar dan sederhana. Ustadz/ ustadzah menentukan langkah-langkah dalam pembelajaran metode menebali (Follow the Line) dan menyalin. Terdapat kelebihan dan kekurang dalam penggunaan metode tersebut serta standarisasi pencapain pembelajaran. Media, sarana dan prasarana sangat menunjang dalam peningkatan kemampuan menulis anak usia dini. (3) faktor pendukung dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al Qur’an adalah evaluasi pembelajaran yang baik dari pihak lembaga madrasah, ustadz/ ustadzah yang telaten dan sabar serta konsisten, respon yang baik dari wali santri terhadap segala ketentuan dan peraturan, motivasi yang kuat dari dalam diri seorang anak. Faktor penghambat dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al Qur’an adalah kedisiplinan kehadiran anak, anak yang baru masuk madrasah dan orang tuanya sama sekali belum mengajarkan tentang agama, kemampuan anak yang berbeda-beda, anak usia dini lebih fokus untuk bermain dengan temannya daripada belajar dan memperhatikan gurunya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama > Al Quran Pendidikan > Pendidikan Anak Pendidikan Islam > Pondok pesantren Pendidikan Islam > TPA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201193326 Yeni Lestari |
Date Deposited: | 09 Jun 2023 01:25 |
Last Modified: | 09 Jun 2023 01:25 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35252 |
Actions (login required)
View Item |