KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PENYELESAIAN SOAL PROGRAM LINEAR DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 1 GONDANG TULUNGAGUNG

MAR'ATUL NURMAJIDAH, 12204183193 (2023) KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PENYELESAIAN SOAL PROGRAM LINEAR DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 1 GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (580kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (219kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (717kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Penyelesaian Soal Program Linear Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI SMAN 1 Gondang Tulungagung” ini ditulis oleh Mar’atul Nurmajidah, NIM 12204183193, Pembimbing Dr. Sutopo S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Berpikir Kritis, Kemandirian Belajar Kemampuan dasar siswa sangat dibutuhkan dalam menghadapi abad 21, dimana salah satu kemampuan tersebut adalah kemampuan berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis merupakan pengaturan diri dalam memutuskan yang menghasilkan interpretasi, analisis, evaluasi, dan infersi sebagai hasil belajar yang mana tidak terlepas dari kemandirian belajar siswa. Kemandairian belajar adalah sifat serta kemampuan yang dimiliki oleh siswa untuk melakukan kegiatan belajar. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendiskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dalam memecahakan soal program linier ditinjau dari tingkat kemandirian belajar tinggi kelas XI SMAN 1 Gondang Tulungagung. 2) Mendiskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dalam memecahakan soal program linier ditinjau dari tingkat kemandirian belajar sedang kelas XI SMAN 1 Gondang Tulungagung. 3) Mendiskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dalam memecahakan soal program linier ditinjau dari tingkat kemandirian belajar tinggi kelas XI SMAN 1 Gondang Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Gondang Tulungagung yang diikuti oleh 28 siswa. Dari 28 siswa dipilih 6 siswa yang terdiri dari 2 siswa dengan tingkat kemandirian belajar tinggi, 2 siswa dengan tingkat kemandirian belajar sedang, dan 2 siswa dengan tingkat kemandirian belajar rendah. Metode pengumpulan data mennggunakan angket, tes dan wawancara. Teknik anaisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data meliputi ketekunan atau keajekan pengamatan, dan triangulasi Teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Siswa dengan kategori tingkat kemandirian belajar tinggi memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi karena mampu memahami, mengevaluasi, menganalis, dan menarik kesimpulan. (2) Siswa dengan kategori tingkat kemandirian belajar sedang cenderung mampu memahami, menganalisis serta mengevaluasi. Namun belum mampu menarik kesimpulan. 3) Siswa dengan tingkat kemandirian belajar rendah cenderung mampu memahami,dan menganaisis. Akan tetapi tidak mampu mengevaluasi serta menarik kesimpulan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Linear
Matematika
Pendidikan > Manajemen Pembelajaran
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183193 MAR'ATUL NURMAJIDAH
Date Deposited: 22 May 2023 07:22
Last Modified: 22 May 2023 07:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35375

Actions (login required)

View Item View Item