ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMBACA TEKS BAHASA ARAB (Studi Deskriptif Terhadap Siswa Kelas 7 MTsN 5 Blitar

MUHAMMAD HARIS HAMZAH, 12202183034 (2023) ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMBACA TEKS BAHASA ARAB (Studi Deskriptif Terhadap Siswa Kelas 7 MTsN 5 Blitar. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (314kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Banyak sekali siswa yang masih belum menguasai pelajaran dasar bahasa Arab seperti kesulitan dalam membaca, menyimak, berbicara dan menulis bahasa arab serta mereka kesulitan untuk menghafal mufrodat (kosa kata). Kebanyakan para siswa menilai bahwa bahasa arab itu susah maka dari itu perlu adanya proses pendampingan untuk mengubah pola pikir siswa agar mereka termotivasi untuk belajar bahasa arab. Maka dari itu peneliti tertarik untuk meneliti dan menganalisis kemampuan siswa kelas 7 MTsN 5 Blitar dalam membaca teks bahasa Arab. Fokus Penelitian: 1) Bagaimana proses pembelajaran bahasa Arab sebagai bahan bacaan di kelas 7 MTsN 05 Blitar?, 2) Bagaimana kemampuan siswa kelas 7 di MTsN 05 Blitar dalam membaca teks bahasa Arab?, 3)Bagaimana upaya-upaya guru terhadap kesulitan siswa dalam membaca teks bahasa Arab di kelas 7 MTsN 05 Blitar?. Metode Penelitian: Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan tiga tahap yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi dan member check. Hasil Penelitian: 1) Proses pembelajaran Bahasa Arab sebagai bahan bacaan di kelas 7 MTsN 5 Blitar cukup untuk memenuhi standar proses belajar mengajar yang efektif, yang terdiri atas; Perencanaan pembelajaran, pelaksanaan proses belajar mengajar adan evaluasi pembelajaran. 2) Kemampuan siswa dalam membaca teks bahasa Arab di kelas 7 MTsN 5 Blitar mengalami perbedaan, ada yang sudah mahir dan lancar ada juga yang masih belum lancar , masih mengeja dan ada yang sama sekali belum bisa. Hal tersebut dikarenakan siswa mengalami beberapa faktor kesulitan dalam belajar. Guru menggunakan metode gabungan (elektika) dan juga pendekatan personal ke masing-masing siswa (humanistic). 3) Upaya-upaya guru terhadap kesulitan siswa dalam membaca teks bahasa Arab dikelas 7 MTsN 5 Blitar yaitu mengembangkan dan merangsang motivasi dan keinginan belajar siswa, membuat kondisi dan lingkungan belajar menjadi menyenangkan, mendorong siswa untuk mengikuti madrasah diniyyah dan memberikan pemahaman tentang pentingnya mengikuti madrasah diniyyah, guru harus menjadi teman bagi siswa, serta menggunakan media yang efektif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 12202183034 muhammad haris hamzah
Date Deposited: 22 May 2023 01:49
Last Modified: 22 May 2023 01:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35485

Actions (login required)

View Item View Item