STRATEGI FUNDRAISING DALAM MENINGKATKAN PEROLEHAN ZAKAT MAAL (Studi Penelitian di LAZISNU Desa Bendiljati Wetan, Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung)

AHMAD ZAINAL ABIDIN, 12404183013 (2023) STRATEGI FUNDRAISING DALAM MENINGKATKAN PEROLEHAN ZAKAT MAAL (Studi Penelitian di LAZISNU Desa Bendiljati Wetan, Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan Judul “Strategi Fundraising Dalam Meningkatkan Perolehan Zakat Maal (Studi Penelitian di LAZISNU Desa Bendiljati Wetan, Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung)” ini ditulis oleh Ahmad Zainal Abidin, NIM. 12404183013, pembimbing Ahmad Supriyadi M.Pd.I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih belum maksimalnya penghimpunan zakat maal di Desa Bendiljati Wetan dikarenakan masih banyak masyarakat yang belum mengetahui pentingnya zakat maal dan masih banyak kekurangan dari lembaga dalam melakukan kegiatan fundraising dan masih membutuhkan suatu strategi fundraising yang testruktur dengan baik dan terencana dengan tujuan supaya perencanaan dalam proses penghimpunan dapat terlaksana secara baik dan tepat sasaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana formulasi strategi fundraising dalam meningkatkan perolehan zakat maal yang diterapkan LAZISNU Desa Bendiljati Wetan, Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung?; 2) Bagaimana implementasi fundraising dalam meningkatkan perolehan zakat maal yang diterapkan LAZISNU Desa Bendiljati Wetan, Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung?; 3) Bagaimana evaluasi strategi fundraising dalam meningkatkan perolehan zakat maal yang telah diterapkan LAZISNU Desa Bendiljati Wetan, Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, dimana peneliti akan mendeskripsikan strategi fundraising dalam meningkatkan perolehan zakat maal dengan mengambil studi di LAZISNU Desa Bendiljati Wetan, Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung. Data dalam penelitiana ini diperoleh dari hasil observasi, dokumentasi dan wawancara langsung dengan informan. Data yang terkumpul akan dianalisis dengan model analisis interaktif Miles dan Huberman melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Formulasi strategi fundraising yang dilakukan oleh LAZISNU Desa Bendiljati Wetan yaitu berdasarkan faktor analisis internal dan eksternal menggunakan 4 (empat) program, yaitu: edukasi dan sosialisasi, zakat produktif, transparansi pendistribusian zakat maal, menyentuh hati donatur atau muzakki.; 2) Implementasi strategi fundraising yang dilakukan oleh LAZISNU Desa Bendiljati Wetan, yaitu: pimpinan yang berperan sebagai top manajer, dengan memberi penugasan dan pendelegasian wewenang kepada bawahannya sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh masing-masing anggota kepengurusan dan relawan. Memanfaatkan pengurus dan relawan untuk bekerja sama mensukseskan program yang sudah diformulasikan.; 3) Evaluasi strategi fundraising yang dilakukan oleh LAZISNU Desa Bendiljati Wetan, yaitu: evaluasi internal bidang dan evaluasi dengan pengurus-pengurus lembaga dan relawan. Kata kunci: Strategi, fundraising, dan Lembaga Amil Zakat, Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU)

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Baitul Maal wat Tamwil
Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat Dan Waqaf
Depositing User: S1 12404183013 AHMAD ZAINAL ABIDIN
Date Deposited: 22 May 2023 08:22
Last Modified: 22 May 2023 08:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35511

Actions (login required)

View Item View Item