PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING (GDL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POLINOMIAL KELAS XI DI SMA NEGERI 1 GONDANG TULUNGAGUNG

SITI MIR AHTUS SOFIYAH, 12204193181 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING (GDL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POLINOMIAL KELAS XI DI SMA NEGERI 1 GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (221kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning (GDL) terhadap Kemampuan Berpikir kritis Siswa Pada Materi Polinomial Kelas XI di SMA Negeri 1 Gondang Tulungagung” Kata Kunci: Model Guided Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis Fenomena rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika, disebabkan karena model pembelajaran yang masih menggunakan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah, yaitu teacher center, sehingga diperlukan pemilihan model pembelajaran yang membuat siswa lebih berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran, salah satunya model Guided Discovery Learning. Model Guided Discovery Learning merupakan model pembelajaran yang melatih siswa untuk memperoleh pengetahuan dan membangun konsep yang merela temukan dalam proses pembelajaran untuk dirinya sendiri dengan bimbingan guru. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh model Guided Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa materi polinomial kelas XI di SMA Negeri 1 Gondang Tulungagung, (2) untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa materi polinomial kelas XI di SMA Negeri 1 Gondang Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian quasi experiment dengan desain post-test. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Gondang Tulungagung sebanyak 186 siswa dengan sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol sebanyak 36 siswa dan kelas XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen sebanyak 27 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji t-test dan uji effect size dengan bantuan IBM SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh model Guided Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa materi polinomial kelas XI di SMA Negeri 1 Gondang Tulungagung, (2) besar pengaruh model Guided Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa materi polinomial kelas XI di SMA Negeri 1 Gondang Tulungagung adalah sebesar 0,34. Sesuai tabel interpretasi nilai Cohen’s adalah 62% yang tergolong rendah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193181 Siti Mir Ahtus
Date Deposited: 23 May 2023 03:22
Last Modified: 23 May 2023 03:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35539

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item