PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN IPS VIDEO INTERAKTIF BERBASIS POWTOON PADA MATERI PERSEBARAN FLORA DAN FAUNA DI INDONESIA SMP DARUSSALAM DURENAN TRENGGALEK

ULYA AHMAD FIRDAUS, 12209183093 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN IPS VIDEO INTERAKTIF BERBASIS POWTOON PADA MATERI PERSEBARAN FLORA DAN FAUNA DI INDONESIA SMP DARUSSALAM DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (983kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (680kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (366kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (523kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (554kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (767kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (316kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul ”Pengembangan Media Pembelajaran IPS Video Interaktif Berbasis Powtoon Pada Materi Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia di SMP Darussalam Durenan Trenggalek” ditulis oleh Ulya Ahmad Firdaus, NIM. 12209183093, pembimbing Yudi Krisno Wicaksono, M.IP. Kata kunci: media pembelajaran, powtoon, persebaran flota dan fauna di Indonesia Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya teknologi informasi yang berkembang setiap hari. Seiring dengan perkembangan tersebut mempengaruhi bahan ajar yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Materi tentang sebaran tumbuhan dan satwa meliputi pengetahuan konseptual, faktual dan prosedural, serta memiliki karakteristik yang berbeda-beda, sehingga menuntut siswa untuk memiliki tingkat pemahaman konsep yang tepat. Maka diperlukan suatu media pembelajaran yang mampu memvisualisasikan materi dan meningkatkan motivasi belajar siswa dengan memanfaatkan media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi powtoon. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses pengembangan media pembelajaran IPS video interaktif berbasis powtoon pada materi persebaran flora dan fauna di Indonesia di SMP Darussalam Durenan Trenggalek kelas VIII tahun pelajaran 2021/2022? (2) Bagaimana tingkat respon, kevalidan dan keefektifan media pembelajaran IPS video interaktif berbasis powtoon pada materi persebaran flora dan fauna di Indonesia di SMP Darussalam Durenan Trenggalek kelas VIII tahun pelajaran 2021/2022? Metode yang digunakan dalam penelitian ialah pegembangan dengan model pengembangan 4D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Namun, dalam penelitian ini model pengembangan dimodifikasi sampai tahap ketiga karena keterbatasan waktu. Instrumen yang digunakan dalam proses penelitian ini adalah pedoman wawancara untuk mengetahui analisis pengembangan produk, lembar validasi ahli untuk menguji tingkat kevalidan produk dan angket untuk mengetahui respon peserta didik kelas VIII SMP Darussalam Durenan sebanyak 26 peserta didik terhadap produk yang dikembangkan. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa analisis data kualitatif dari hasil wawancara, dan analisis data kuantitatif dari hasil validasi ahli dan angket respon peserta didik dengan cara menghitung presentase rata-ratanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi ahli terhadap media pembelajaran persebran flora dan fauna di Indonesia berbasis powtoon memperoleh nilai rata-rata presentase 83% dengan kategori sangat baik, sedangkan untuk hasil validasi ahli media memperoleh nilai rata-rata presentase 80% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil perolehan tersebut media yang dikembangkan dinyatakan valid dan layak digunakan untuk media pembelajaran serta dapat digunakan sebagai acuan atau data pendukung dalam pengembangan sebuah media pembelajaran sejenis

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209183093 ULYA AHMAD FIRDAUS
Date Deposited: 23 May 2023 07:51
Last Modified: 23 May 2023 07:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35556

Actions (login required)

View Item View Item