PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV MI THORIQUL HUDA KROMASAN NGUNUT TULUNGAGUNG

WULAN SRI AMIN, 2817123178 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV MI THORIQUL HUDA KROMASAN NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (746kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (597kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (140kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Peserta Didik Kelas IV MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Wulan Sri Amin, NIM. 2817123178, Fakultas Tarbiya dan Ilmu Keguruan, Jurusan PGMI, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Moh.Arif, M.Pd. Kata kunci: Teams Games Tournament, Prestasi Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran IPA di sekolah, yang prestasi belajar peserta didik yang belum maksimal. Peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penggunaan model kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk meningktkan prestasi belajar IPA pada peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournamen (TGT) dapat meningkatkan kerja sama pelajaran IPA materi Sumber Daya Alam pada peserta didik kelas IV MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016?, (2) Apakah dengan penerapan model pebelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournamen (TGT) dapat meningkatkan keaktifan mata pelajaran IPA materi Sumber Daya Alam pada peserta didik kelas IV MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk meningkatkan kerja sama peserta didik dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Tipe Teams Games Tournamen (TGT) mata pelajaran IPA materi sumber daya alam pada peserta didik kelas IV MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016, (2) Untuk meningkatkan keaktifan peserta didik dengan penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Teams Games Tournamen (TGT) mata pelajaran IPA materi sumber daya alam pada peserta didik kelas IV MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan, pola fikir, sikap dan pengalaman sebagai upaya meningkatkan kualitas diri sebagai guru. Bagi MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut dapat dijadikan sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka merumuskan kebijakan pendidikan yang berkaitan dengan proses pembelajaran yang akan datang Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus.Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Thoriqul Huda, Kromasan, Ngunut, Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 70. Hasil penelitian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournamen (TGT) pada mata pelajaran IPA setelah melalui langkah-langkah kegiatan awal, inti dan juga akhir menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar peserta didik kelas IV MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung. Hal ini dapat dilihat dari proses belajar mengajar dan nilai tes akhir pada proses belajar mengajar siklus 1 dan siklus 2. Pada siklus I nilai rata-rata kelas 62,14. Peserta didik yang mendapat nilai <70 sebanyak 16 peserta didik (57,14%) dan >70 sebanyak 12 siswa (42,85%). Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata 82,5, peserta didik yang mendapat nilai >70 sebanyak 25 peserta didik (89,28%) dan <70 sebanyak 3 peserta didik (17,14%). Dengan demikian, membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournamen (TGT) meningkatkan prestasi pada mata pelajaran IPA kelas IV MI Thoriqul Huda Kromasan, Ngunut, Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: WULAN 2817123178 WULAN SRI AMIN
Date Deposited: 11 Aug 2016 06:59
Last Modified: 11 Aug 2016 06:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3559

Actions (login required)

View Item View Item