تطبيق طريقة التدريبات في تعليم مهارة الكتابة لطلاب الصف الثامن في المدرسة المتوسطة الإسلامية عمر زاهد باندار كدونج موليا جومبانج للعام الدراسى 2022/2023

RAHMA WALDATUS SHOLIHAH, 12202193048 (2023) تطبيق طريقة التدريبات في تعليم مهارة الكتابة لطلاب الصف الثامن في المدرسة المتوسطة الإسلامية عمر زاهد باندار كدونج موليا جومبانج للعام الدراسى 2022/2023. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (977kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (332kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (465kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (743kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (479kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (470kB) | Preview

Abstract

Metode pembelajaran merupakan sesuatu yang penting yang harus dikuasai oleh guru pada proses pembelajaran. Oleh karena itu guru harus memiliki kemampuan untuk memilih metode pembelajaran yang tepat sesuai dengan materi dan kondisi siswa. Dalam hal ini, guru bahasa arab menerapkan metode pembelajaran drill dalam pembelajaran keterampiln menulis (maharah kitabah). Metode drill merupakan metode yang memiliki ciri khas latihan secara berulangulang untuk memiliki ketangkasan suatu keterampilan tertentu. Keterampilan menulis mempunyai peran penting dalam belajar bahasa arab. Proses pembelajaran menulis (Kitabah) belum sepenuhnya meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Fenomena yang ada di MTs Umar Zahid Banadarkedungmulyo Jombang menunjukkan adanya beberapa kendala lapangan seperti kurangnya pemahaman siswa terhadap huruf hijaiyyah, cara menggandeng huruf yang berada awal tengah maupun akhir kalimat, serta penempatan syakal yang kurang tepat. Pertanyaan penelitian: (1) Bagaimana penerapan metode drill dalam pembelajaran keterampilan menulis (Maharah Kitabah) siswa kelas VIII di MTs Umar Zahid Bandarkedungmulyo Jombang? (2) Bagaimana problematika dalam penerapan metode drill pada pembelajaran keterampilan menulis (Maharah Kitabah) siswa kelas VIII di MTs Umar Zahid Bandarkedungmulyo Jombang? (3) Bagaimana upaya guru dalam mengatasi problematika penerapan metode drill pada pembelajaran keterampilan menulis (Maharah Kitabah) siswa kelas VIII di MTs Umar Zahid Bandarkedungmulyo Jombang?. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan metode drill dalam pembelajaran keterampilan menulis (Maharah Kitabah)siswa kelas VIII di MTs Umar Zahid Bandarkedungmulyo Jombang, (2) Untuk mendeskripsikan problematika dalam penerapan metode drill pada pembelajaran keterampilan menulis (Maharah Kitabah) siswa kelas VIII di MTs Umar Zahid Bandarkedungmulyo Jombang, (3) Untuk mendeskripsikan upaya guru dalam mengatasi problematika penerapan ص metode drill pada pembelajaran keterampilan menulis (Maharah Kitabah) siswa kelas VIII di MTs Umar Zahid Bandarkedungmulyo Jombang. Metode Penelitian: penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan triangulasi. Hasil Penelitian: (1) Penerapan metode drill dalam pembelajaran keterampilan menulis (maharah kitabah) siswa kelas VIII MTs Umar Zahid Bandarkedungmulyo Jombang yaitu memberikan penjelasan secara rinci tentang cara pelaksanaan latihan, kemudian memberikan latihan dasar terlebih dahulu dan selanjutnya memberikan latihan yang lebih tinggi sesuai dengan kemampuan siswa. (2) Problematika dalam penerapan metode drill pada pembelajaran keterampilan menulis (Maharah Kitabah) siswa kelas VIII di MTs Umar Zahid Bandarkedungmulyo Jombang terdiri dari 2 faktor yaitu yang pertama adalah faktor internal meliputi kemampuan siswa yang berbeda-beda, kurangnya ketertarikan atau minat siswa dalam belajar bahasa arab dan rendahnya motivasi siswa dalam belajar bahasa arab. yang kedua yaitu faktor eksternal meliputi latar belakang pendidikan siswa yang kompleks, sarana dan prasarana yang kurang memadai dan faktor lingkungan siswa yang kurang mendukung dalam belajar bahasa arab. (3) Upaya guru dalam mengatasi problematika penerapan metode drill pada pembelajaran keterampilan menulis (Maharah Kitabah) siswa kelas VIII di MTs Umar Zahid Bandarkedungmulyo Jombang, yang pertama dalam mengatasi problematika faktor internal yaitu guru membimbing siswa dengan sungguh sungguh sampai siswa mampu menulis bahasa arab dengan baik dan benar, menyajikan pembelajaran yang menyenangkan kepada siswaserta memberikan motivasi kepada siswa dengan memberi rasa percaya diri bahwa siswa mampu dan bisa belajar bahasa arab. Kedua dalam mengatasi problematika faktor eksternal yaitu guru memberikan perhatian khusus dan membimbing secara perlahan bagi siswa yang belum mengenal bahasa arab dan belum mampu menulis arab, menggunakan media pembelajaran yang menarik dengan memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada, serta memberikan pembelajaran bahasa arab semaksimal mungkin kepada siswa dengan menghafalkan kosakata untuk memudahkan siswa belajar bahasa arab. Kata kunci: Metode Drill, Pembelajaran Keterampilan Menulis (Maharah Kitabah)

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 12202193048 Rahma Waldatus Sholihah
Date Deposited: 25 May 2023 01:28
Last Modified: 25 May 2023 01:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35617

Actions (login required)

View Item View Item