EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BLANDED LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

HARIYANTI, 12204183113 (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BLANDED LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (460kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (316kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (468kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (633kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (524kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (405kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Efektivitas Model Pembelajaran Blanded Learning Terhadap Kemandirian dan Hasil Belajar Matematika Siswa” ini ditulis oleh Hariyanti (12204183113), pembimbing Miswanto, M.Pd. Kata kunci : Model Pembelajaran Blanded Learning, Kemandirian Belajar, Hasil belajar. Dengan seiring berjalannya perkembangan teknologi yang sangat pesat, hal ini tentu menjadi isyarat kepada para pendidik agar mampu menerapkan model pembelajaran dengan pemanfaatan teknologi. Mengingat dimasa sekarang pembelajaran tatap muka sudah terkesan monoton, terkadang siswa tidak dapat berkonsentrasi secara penuh selama kegiatan belajar mengajar. Sehingga tidak semua materi yang disampaikan pendidik dapat diterima secara langsung oleh peserta didik. Selain hal tersebut, pada proses belajar mengajar hanya dilakukan di kelas tanpa ada interaksi tindak lanjut secara berkesinambungan ketika siswa belajar di luar sekolah. Hal tersebut menyebabkan hasil belajar peserta didik belum optimal. Adanya model pembelajaran blanded learning, diharapkan mampu mengubah suasana pembelajaran yang lebih baik dan efektif. Tujuan dalam penelitian ini adalah : Mengetahui apakah terdapat perbedaan siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan model pembelajaran blended learning dan menggunakan konvensional ditinjau dari kemandirian dan hasil belajar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penedekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental, dengan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran blanded learning dan variabel terikat penelitian adalah kemandirian dan hasil belajar siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VII C yng berjumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VII E yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes hasil belajar (post test) dan angket kemandirian belajar. Teknik pengumpulan data yang analisis data yang digunakan yaitu uji MANOVA (Multivariate Analysis of variance). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Terdapat perbedaan siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan model pembelajaran blended learning dan menggunakan konvensional ditinjau dari kemandirian dan hasil belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183113 HARIYANTI
Date Deposited: 26 May 2023 02:34
Last Modified: 26 May 2023 02:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35621

Actions (login required)

View Item View Item