STRATEGI DIREKTIF GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS V DI MI MIFTAHUL HUDA BANJAREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG

KHAFITA NURIDDAH, 12205183111 (2023) STRATEGI DIREKTIF GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS V DI MI MIFTAHUL HUDA BANJAREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (975kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (329kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (449kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (485kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (995kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (371kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Direktif Guru Kelas dalam Meningkatkan Nilai Pendidikan Karakter Siswa Kelas V Di MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Khafita Nuriddah, NIM. 12205183111, Dosen Pembimbing Drs. H. Jani, M.M., M.Pd. Kata Kunci: Strategi, Direktif, Nilai Pendidikan Karakter Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan jaman yang semakin pesat sehingga pendidikan di sekolah sekarang ini terlihat berbeda dengan jaman dahulu terutama dalam hal pendidikan karakter siswanya. Padahal, pendidikan seharusnya tidak hanya mencerminkan seseorang dari segi keintelektualan, tetapi juga harus memiliki nilai pendidikan karakter sebagai seorang siswa.. Untuk meningkatkan nilai pendidikan karakter siswa, dibutuhkan sebuah strategi pembelajaran yang tepat. Salah satu strategi pembelajaran yang cocok untuk diterapkan ialah dengan strategi tindak tutur pembelajaran direktif. Fokus penelitian dari skripsi ini yaitu: (1) Apa saja jenis strategi direktif guru kelas dalam meningkatkan nilai pendidikan karakter siswa kelas V MI Mifthaul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung? (2) Bagaimana sikap direktif guru kelas dalam meningkatkan nilai pendidikan karakter siswa kelas V MI Mifthaul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung? (3) Bagaimana dampak dari sikap direktif guru kelas dalam meningkatkan nilai pendidikan karakter siswa kelas V MI Mifthaul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung?. Sehingga tujuan dari penelitian dalam skripsi ini yaitu : (1) Untuk mengetahui jenis strategi direktif guru kelas dalam meningkatkan nilai pendidikan karakter siswa kelas V MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung (2) Untuk mengetahui sikap direktif guru kelas dalam meningkatkan nilai pendidikan karakter siswa kelas V MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung (3) Untuk mengetahui dampak dari sikap direktif guru kelas dalam meningkatkan nilai pendidikan karakter siswa kelas V MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data dalam penelitian ini yaitu observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Langkah – langkah dalam analisis data yaitu, reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan temuan dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan pengamat, triangulasi data dan diskusi teman sejawat. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) Jenis strategi direktif yang sering diterapkan guru kelas V MI Miftahul Banjarejo Rejotangan Tulungagung ialah menyuruh, memohon, menyarankan, menasehati dan menantang. (2) Sikap guru kelas V MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung dalam menerapkan strategi direktif yaitu secara bijaksana dan santun dengan tuturan kesantuan sehari-hari. (3) Dampak yang terjadi selama penerapan strategi pembelajaran direktif yaitu ada dampak positif dan negatifnya. Dampak positifnya, hubungan antara siswa dan guru menjadi baik dan nilai karakter siswa meningkat. Sedangkan dampak negatifnya, siswa menjadi bosan karena terlalu sering mendengarkan tuturan dari gurunya

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183111 KHAFITA NURIDDAH
Date Deposited: 25 May 2023 04:04
Last Modified: 25 May 2023 04:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35652

Actions (login required)

View Item View Item