ACHMAD 'ILLIYIN, 12204193222 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION (AIR) BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD MATH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI SMPN 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (529kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (360kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (461kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (606kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (736kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (636kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (523kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (418kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) Berbantuan Media Flash Card Math terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Aritmatika Sosial di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Achmad „Illiyin, NIM. 12204193222, program studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Nur Cholis, S.Pd.I., M.Pd. Kata kunci : Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR); Media Flash Card Math; hasil belajar; aritmatika sosial Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa di Indonesia yang masih rendah. Serta, proses pembelajaran matematika yang berada di sekolah penelitian yang masih monoton dan kurang menarik. Hal itu, menyebabkan siswa kurang semangat dan tidak dapat fokus dalam pembelajaran. Sehingga, berdampak pada menurunnya hasil belajar siswa. Salah satu upaya pengaruh terhadap hasil belajar adalah menggunakan model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) Berbantuan Media Flash Card Math. Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) menerapkan model pembelajaran menyimak, berfikir, serta pengulangan yang dapat membatu keefektifan siswa dalam pembelajaran. Serta, berbantuan Media Flash Card Math membantu siswa meningkatkan semangat dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) berbantuan media flash card math terhadap hasil belajar siswa dalam materi aritmatika sosial. 2) Mengetahui seberapa besar pengaruh keefektifan terhadap hasil belajar dalam materi aritmatika sosial yang mengunakan model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) berbantuan media flash card math dengan model pembelajaran konvensional. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan desain Posttest Only Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan Purposive Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMPN 2 Sumbergempol. Sampel yang di ambil adalah kelas VII-D dengan 33 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VII-E dengan 33 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas, serta uji hipotesis dengan uji-t dan perhitungan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) berbantuan media flash card math terhadap hasil belajar siswa dalam materi aritmatika sosial; dan 2) Besar pengaruh model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) berbantuan media flash card math terhadap hasil belajar siswa materi aritmatika sosial adalah 84% dengan kategori tinggi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Aritmatika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204193222 ACHMAD 'ILLIYIN |
Date Deposited: | 25 May 2023 07:42 |
Last Modified: | 25 May 2023 07:42 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35694 |
Actions (login required)
View Item |