TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PEMBAYARAN REGISTRASI DALAM PERLOMBAAN (Studi Kasus Di Fast Tour Game Free Fire Pada Jejaring Sosial Online)

KHUSNATUL LUTFIANA, 12101183066 (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PEMBAYARAN REGISTRASI DALAM PERLOMBAAN (Studi Kasus Di Fast Tour Game Free Fire Pada Jejaring Sosial Online). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (924kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Khusnatul Lutfiana, 12101183066, Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pembayaran Registrasi Dalam Perlombaan (Studi Kasus Di Fast Tour Game Free Fire Pada Jejaring Sosial Online), Jurusan Hukum Ekonomi Syari’ah, Fakultas Syari’ah dan Ilmu Hukum, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2022, Pembimbing: Moh. Ali Abdul Shomad, V.E.A., S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci: Hukum Islam, Registrasi, Perlombaan Seiring berkembangnya teknologi kini sudah marak penggunaan smartphone, tablet, dan PC untuk media hiburan bermain game online. Dengan ada perkembangan zaman, game online bukan hanya dijadikan sebagai hiburan semata, melainkan bisa menjadi ajang mencari rupiah dengan cara mengikuti Event-event perlombaan dengan hadiah yang besar atau menjanjikan. Dalam game ini terdapat perlombaan yang biasanya disebut Fast Tour atau FT yang maknanya mini turnamen dan pemenang Fast Tour akan biasanya mendapatkan hadiah uang, skin game atau diamond. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana praktik pembayaran registrasi di Fast Tour Game Free Fire pada Jejaring Sosial Online?. 2) Bagaimana Tinjauan Hukum Islam terhadap praktik pelaksanaan pembayaran registrasi di Fast Tour Game Free Fire pada Jejaring Sosial Online? Penelitian ini menggunakan metode studi kasus atau disebut penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dengan panitia dan peserta Fast Tour, serta dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Praktik pembayaran biaya registrasi di Fast Tour pada jejaring sosial online adalah setiap tim yang terdiri dari 4 player membayar biaya registrasi terlebih dahulu melalui Dana, Qris, Gopay ataupun pulsa ke pihak panitia Fast Tour. Setelah itu uang registrasi tersebut akan dipergunakan untuk hadiah pemenang peserta lomba, keuntungan pihak panitia, serta biaya perlengkapan perlombaan misalnya pembelian custoom room dan biaya live streaming Youtube ketika perlombaan berlangsung. 2) Tinjauan Hukum Islam terhadap pembayaran registrasi di Fast Tour pada jejaring sosial online tersebut adalah dilarang, karena terdapat unsur perjudian. Sebenarnya jika hanya pembayaran biaya registrasi dalam perlombaan itu diperbolehkan asalkan biaya tersebut jelas penggunaannya, misalkan keseluruhan untuk membeli hadiah, snack peserta ataupun untuk perlengkapan perlombaan asalkan dalam jumlah yang wajar. Jika uang penggunaan biaya registrasi tersebut salah satunya untuk keuntungan pihak penyelenggara, hal ini diharamkan dalam Hukum Islam, karena hal ini tergolong perjudian (maysir).

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > E-Commerce
Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Hukum > Hukum Islam
Ekonomi > Mata Uang
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: S1 12101183066 KHUSNATUL LUTFIANA
Date Deposited: 29 May 2023 03:47
Last Modified: 29 May 2023 03:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35727

Actions (login required)

View Item View Item