NING LUTFIATUL MUAZIZAH, 12201183070 (2023) PERAN GURU FIQIH DALAM PEMBINAAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK DI MTS AL MUSLIHUUN TLOGO KANIGORO BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (858kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (446kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (532kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (606kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (364kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (772kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (320kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (428kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya fenomena belakangan ini, Banyaknya sekolah umum yang hanya unggul dalam nilai umumnya saja dan kurang dalam bidang keislamanya seperti salah satunya dalam spiritual peserta didiknya. Minimnya pemahaman tentang spiritual menjadi masalah dalam dunia pendidikan. Maka dari itu, sekarang ini banyak lembaga pendidikan yang berusaha menciptakan lulusan yang berkualitas baik dalam bidang umum maupun keislaman. Disini penting bagi seorang guru Fiqih untuk bisa berperan sesuai dengan tugasnya dalam pembinaan spiritual peserta didik. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana peran guru Fiqih sebagai pembimbing dalam pembinaan spiritual peserta didik di MTs Al Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar? (2) Bagaimana peran guru Fiqih sebagai motivator dalam pembinaan spiritual peserta didik di MTs Al Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar? (3) Bagaimana peran guru Fiqih sebagai evaluator dalam pembinaan spiritual peserta didik di MTs Al Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini terletak di MTs Al Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan beberapa langkah yaitu : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data dilakukan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Peran guru Fiqih sebagai pembimbing dalam pembinaan spiritual peserta didik di MTs Al Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar adalah membimbing spiritual peserta didik dengan menggunakan dua cara yakni melalui pembiasaan dan melalui materi. Pembiasaan yakni dengan sholat dhuha dan sholat dzuhur serta membaca do’a dan asma’ul husna sebelum pembelajaran Fiqih di kelas. (2) Peran guru Fiqih sebagai motivator dalam pembinaan spiritual peserta didik di MTs Al Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar adalah dengan memberikan dorongan kepada peserta didik seperti memberikan pujian ketika kelas dapat membaca do’a dan asma’ul husna secara serentak. (3) Peran guru Fiqih sebagai evaluator dalam pembinaan spiritual peserta didik di MTs Al Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar adalah dengan mengadakan rapat kepala sekolah dan guru di akhir bulan untuk mengetahui hasil dari pembinaan spiritual. Guru Fiqih juga memberikan evaluasi dengan tes tulis (ulangan harian) dan tes lisan (hafalan).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183070 NING LUTFIATUL MUAZIZAH |
Date Deposited: | 29 May 2023 02:39 |
Last Modified: | 29 May 2023 02:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35781 |
Actions (login required)
View Item |