ALFAIN USWATUN KHASANAH, 12204183250 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DENGAN METODE TRADE A PROBLEM TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X MA MA’ARIF UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (670kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (268kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (343kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (647kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (650kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (604kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (590kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (286kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (414kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Dengan Metode Trade A Problem Terhadap Kreativitas Belajar Matematika Siswa Kelas X Ma Ma’arif Udanawu Blitar” ini ditulis oleh Alfain Uswatun Khasanah, NIM. 12204183250, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing : Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci : Missouri Mathematics Project (MMP), Metode Trade A Problem, Kreativitas Fenomena kurangnya kreativitas belajar siswa disebabkan karena pembelajaran matematika di sekolah yang masih menggunakan model pembelajaran ceramah yaitu peserta didik terbiasa mengandalikan contoh penyelesaian soal dari guru dan pegangan buku matematika, sehingga kreativitas belajar siswa tidak berkembang. Dengan itu pendidik harus merubah model dan metode pembelajaran dengan beberapa varian pembelajaran, agar dapat mengembangkan atau meningkatkan kreativitas belajar siswa pada pembelajaran matematika. Salah satunya adalah model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dan metode Trade A Problem, model pembelajaran (MMP) merupakan model pembelajaran yang terstruktur dengan mengembangkan ide dan perluasan konsep matematika. Model pembelajaran ini dapat mendorong siswa untuk aktif dan dapat menghasilkan gagasan yang bervariasi. Metode Trade a Problem dapat digunakan dalam model MMP pada tahap kerja kooperatif. Metode Trade a Problem merupakan metode pembelajaran kooperatif yang berisi suatu struktur yang digunakan untuk mereview atau melatih konsep-konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan metode Trade A Problem terhadap kreativitas belajar matematika siswa kelas X MA Ma’arif Udanawu Blitar Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA Ma’arif Udanawu Blitar dan sampel penelitian yang diambil ada dua kelas yaitu kelas X MIPS 3 dengan jumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPS 2 dengan jumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengambilan data dengan tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji T-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan metode Trade A Problem terhadap kreativitas belajar matematika siswa kelas X MA Ma’arif Udanawu Blitar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Linear Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183250 ALFAIN USWATUN KHASANAH |
Date Deposited: | 29 May 2023 05:10 |
Last Modified: | 29 May 2023 05:10 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35824 |
Actions (login required)
View Item |