PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DENGAN METODE TRADE A PROBLEM TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X MA MA’ARIF UDANAWU BLITAR

ALFAIN USWATUN KHASANAH, 12204183250 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DENGAN METODE TRADE A PROBLEM TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X MA MA’ARIF UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (670kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (268kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (343kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (647kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (650kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (604kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (414kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Dengan Metode Trade A Problem Terhadap Kreativitas Belajar Matematika Siswa Kelas X Ma Ma’arif Udanawu Blitar” ini ditulis oleh Alfain Uswatun Khasanah, NIM. 12204183250, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing : Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci : Missouri Mathematics Project (MMP), Metode Trade A Problem, Kreativitas Fenomena kurangnya kreativitas belajar siswa disebabkan karena pembelajaran matematika di sekolah yang masih menggunakan model pembelajaran ceramah yaitu peserta didik terbiasa mengandalikan contoh penyelesaian soal dari guru dan pegangan buku matematika, sehingga kreativitas belajar siswa tidak berkembang. Dengan itu pendidik harus merubah model dan metode pembelajaran dengan beberapa varian pembelajaran, agar dapat mengembangkan atau meningkatkan kreativitas belajar siswa pada pembelajaran matematika. Salah satunya adalah model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dan metode Trade A Problem, model pembelajaran (MMP) merupakan model pembelajaran yang terstruktur dengan mengembangkan ide dan perluasan konsep matematika. Model pembelajaran ini dapat mendorong siswa untuk aktif dan dapat menghasilkan gagasan yang bervariasi. Metode Trade a Problem dapat digunakan dalam model MMP pada tahap kerja kooperatif. Metode Trade a Problem merupakan metode pembelajaran kooperatif yang berisi suatu struktur yang digunakan untuk mereview atau melatih konsep-konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan metode Trade A Problem terhadap kreativitas belajar matematika siswa kelas X MA Ma’arif Udanawu Blitar Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA Ma’arif Udanawu Blitar dan sampel penelitian yang diambil ada dua kelas yaitu kelas X MIPS 3 dengan jumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPS 2 dengan jumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengambilan data dengan tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji T-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan metode Trade A Problem terhadap kreativitas belajar matematika siswa kelas X MA Ma’arif Udanawu Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Linear
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183250 ALFAIN USWATUN KHASANAH
Date Deposited: 29 May 2023 05:10
Last Modified: 29 May 2023 05:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35824

Actions (login required)

View Item View Item