PEMBERDAYAAN PEMUDA MELALUI PROGRAM EKONOMI KREATIF DALAM RANGKA MENCIPTAKAN LAPANGAN KERJA GENERASI MUDA (Studi Kasus Wisata Kuliner Mbalong Kawuk Sumberejo Kulon)

LAILATUR ROHMAH, 12402193197 (2023) PEMBERDAYAAN PEMUDA MELALUI PROGRAM EKONOMI KREATIF DALAM RANGKA MENCIPTAKAN LAPANGAN KERJA GENERASI MUDA (Studi Kasus Wisata Kuliner Mbalong Kawuk Sumberejo Kulon). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (474kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (914kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (417kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pemberdayaan Pemuda Melalui Program Ekonomi Kreatif dalam Rangka Menciptakan Lapangan Kerja Generasi Muda (Studi Kasus Wisata Kuliner Mbalong Kawuk Sumberejo Kulon)” ini ditulis oleh Lailatur Rohmah, NIM. 12402193197, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultaas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Ahmad Syaichoni, M.Sy. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh para pemuda di Desa Sumberejo Kulon yang setelah lulus Sekolah Menengah Atas (SMA) tidak melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi selain itu mereka juga tidak memiliki aktivitas atau pekerjaan di sela-sela waktu luang mereka. Hal ini memberikan inisiatif Bapak Kepala Desa berseta jajarannya untuk melakukan pembangunan Wisata Kuliner Mbalong Kawuk dan program ekonomi kreatif di tempat tersebut guna memberikan lapangan kerja agar pemuda dapat melakukan kegiatan ekonomi serta meningkatkan ekonomi mereka sehingga ekonomi mereka mengalami kesejahteraan. Fokus penelitian pada penulisan skripsi ini ialah (1) Bagaimana upaya pemberdayaan pemuda melalui program ekonomi kreatif dalam rangka menciptakan lapangan kerja generasi muda? (2) Bagaimana hasil pemberdayaan pemuda melalui program ekonomi kreatif dalam rangka menciptakan lapangan kerja generasi muda? Sedangkan tujuan penelitian ini ialah (1) Untuk mendeskripsikan upaya pemberdayaan pemuda melalui program ekonomi kreatif dalam rangka menciptakan lapangan kerja generasi muda. (2) Untuk mendeskripsikan hasil pemberdayaan pemuda melalui program ekonomi kreatif dalam rangka menciptakan lapangan kerja generasi muda. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif deskriptif dengan penekanan dalam pendeskripsian terdapat pada makna serta penalaran hasil dari penelitian yang dilakukan peneliti. Sumber data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data melalui proses wawancara secara mendalam kepada informan, dokumentasi, dan observasi. Sedangkan teknik analisa daya yang dipakai ialah dengan mengkondensasikan data, menyajikan data, dan melakukan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan temuan memakai triangulasi. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini adalah (1) Pengelola Wisata Kuliner Mbalong Kawuk melakukan pemberdayaan ekonomi kreatif melalui upaya enabling (menciptakan suasana), empowering (perkuatan potensi), dan protecting (melindungi dan membela masyarakat kurang berdaya), (2) Kegiatan pemberdayaan ekonomi kreatif di Wisata Kuliner Mbalong Kawuk memberikan dampak terhadap peningkatan ekonomi para pemuda, kondisi sosio-ekonomi lebih baik, dan adanya peluang usaha baru. Kata Kunci: Ekonomi Kreatif, Kesejahteraan Ekonomi, Pemberdayaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402193197 LAILATUR ROHMAH
Date Deposited: 30 May 2023 02:13
Last Modified: 30 May 2023 02:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35856

Actions (login required)

View Item View Item