PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 5 DI SD ISLAM AL MUNAWWAR TULUNGAGUNG

PINGKY NUR ANDRYANI, 12205193013 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 5 DI SD ISLAM AL MUNAWWAR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (247kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (338kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB) | Preview

Abstract

Andryani, Pingky Nur. 2023.Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 di SD Islam Al Munawwar Tulungagung.Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Tarbiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. H. Imam Junaris, S.Ag., M.H.I. Dalamdunia pengetahuan, matematika berperan sebagai bahasa simbolik yang merupakan sarana ilmiah untuk mengembangkan cara berpikir logis.Namun, pelajaran Matematika dianggap pelajaran yang sulit dan tidak disukai bagi mayoritas siswa. Penggunaan model pembelajaran konvensional membuat siswa semakin tidak menyukai pelajaran ini karena proses pembelajaran yang sulit dan membosankan.Hal ini berpengaruh pada keaktifan dan hasil belajar siswa. Model pembelajaran Numbered Head Togethermerupakan sebuah inovasi dalam kegiatan pembelajaran yang membantu guru dalam meningkatkan keaktifan dan pemahaman siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakahpengaruh model pembelajaranNumbered Head Togetherterhadap keaktifan belajar pada materi Matematika siswa kelas 5 di SD Islam Al Munawwar Tulungagung, adakah pengaruh model pembelajaranNumbered Head Togetherterhadap hasil belajar pada materi Matematika siswa kelas 5 di SD Islam Al Munawwar Tulungagung, adakah pengaruh model pembelajaranNumbered Head Togetherterhadap keaktifan dan hasil belajar pada materi Matematika siswa kelas 5 di SD Islam Al Munawwar Tulungagung. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian true experiment design,Posttest Only Control Group Design.Teknik sampling yang digunakanadalahpurposive samplingdengan kelas V-A sebagai kelas kontrol dan kelas V-B sebagai kelas eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD Islam Al Munawwar Tulungagung. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1)Adanya pengaruhmodel pembelajaranNumbered Head Togetherterhadap keaktifan belajar pada materi Matematika siswa kelas 5 di SD Islam Al Munawwar Tulungagung. (2)Adanyapengaruh model pembelajaranNumbered Head Togetherterhadap hasil belajar pada materi Matematika siswakelas 5 di SD Islam Al Munawwar Tulungagung. (3) Adanyapengaruh model pembelajaranNumbered Head Together terhadap keaktifan dan hasil belajar pada materi Matematika siswa kelas 5 di SD Islam Al Munawwar Tulungagung. Kata Kunci:Model Pembelajaran, Numbered Head Together,Keaktifan, Hasil Belajar, Matematika.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193013 PINGKY NUR ANDRYANI
Date Deposited: 30 May 2023 03:01
Last Modified: 30 May 2023 03:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35876

Actions (login required)

View Item View Item