PINGKY NUR ANDRYANI, 12205193013 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 5 DI SD ISLAM AL MUNAWWAR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (247kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (152kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (338kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (316kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (439kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (215kB) | Preview |
Abstract
Andryani, Pingky Nur. 2023.Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 di SD Islam Al Munawwar Tulungagung.Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Tarbiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. H. Imam Junaris, S.Ag., M.H.I. Dalamdunia pengetahuan, matematika berperan sebagai bahasa simbolik yang merupakan sarana ilmiah untuk mengembangkan cara berpikir logis.Namun, pelajaran Matematika dianggap pelajaran yang sulit dan tidak disukai bagi mayoritas siswa. Penggunaan model pembelajaran konvensional membuat siswa semakin tidak menyukai pelajaran ini karena proses pembelajaran yang sulit dan membosankan.Hal ini berpengaruh pada keaktifan dan hasil belajar siswa. Model pembelajaran Numbered Head Togethermerupakan sebuah inovasi dalam kegiatan pembelajaran yang membantu guru dalam meningkatkan keaktifan dan pemahaman siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakahpengaruh model pembelajaranNumbered Head Togetherterhadap keaktifan belajar pada materi Matematika siswa kelas 5 di SD Islam Al Munawwar Tulungagung, adakah pengaruh model pembelajaranNumbered Head Togetherterhadap hasil belajar pada materi Matematika siswa kelas 5 di SD Islam Al Munawwar Tulungagung, adakah pengaruh model pembelajaranNumbered Head Togetherterhadap keaktifan dan hasil belajar pada materi Matematika siswa kelas 5 di SD Islam Al Munawwar Tulungagung. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian true experiment design,Posttest Only Control Group Design.Teknik sampling yang digunakanadalahpurposive samplingdengan kelas V-A sebagai kelas kontrol dan kelas V-B sebagai kelas eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD Islam Al Munawwar Tulungagung. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1)Adanya pengaruhmodel pembelajaranNumbered Head Togetherterhadap keaktifan belajar pada materi Matematika siswa kelas 5 di SD Islam Al Munawwar Tulungagung. (2)Adanyapengaruh model pembelajaranNumbered Head Togetherterhadap hasil belajar pada materi Matematika siswakelas 5 di SD Islam Al Munawwar Tulungagung. (3) Adanyapengaruh model pembelajaranNumbered Head Together terhadap keaktifan dan hasil belajar pada materi Matematika siswa kelas 5 di SD Islam Al Munawwar Tulungagung. Kata Kunci:Model Pembelajaran, Numbered Head Together,Keaktifan, Hasil Belajar, Matematika.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205193013 PINGKY NUR ANDRYANI |
Date Deposited: | 30 May 2023 03:01 |
Last Modified: | 30 May 2023 03:01 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35876 |
Actions (login required)
View Item |