PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MEMANFAATKAN APLIKASI FOCUSKY DALAM MATERI MENGIDENTIFIKASI UNSUR PEMBANGUN TEKS PUISI BAGI SISWA KELAS VIII

DITA KARISMA FAHRIANI, 12210193012 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MEMANFAATKAN APLIKASI FOCUSKY DALAM MATERI MENGIDENTIFIKASI UNSUR PEMBANGUN TEKS PUISI BAGI SISWA KELAS VIII. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (687kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SKRIPSI.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI SKRIPSI.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 SKRIPSI.pdf

Download (585kB) | Preview
[img] Text
BAB 2 SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (784kB)
[img] Text
BAB 3 SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (565kB)
[img] Text
BAB 4 SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (731kB)
[img] Text
BAB 5 SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf

Download (387kB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Focusky, Teks Puisi Pembelajaran teks puisi merupakan salah satu kompetensi yang wajib dipelajari di jenjang SMP/MTs kelas VIII. Puisi sebagai sarana pengembangan sisi kemanusiaan siswa meliputi pengembangan diri, kemampuan berolah rasa, maupun pembentukan karakter. Melalui puisi, siswa dapat mengekspresikan ide ataupun gagasannya. Namun faktanya, masih ada sebagian siswa yang kurang tertarik dengan pembelajaran teks puisi. Hal tersebut disebabkan oleh berbagai faktor. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan, salah satu faktor penyebab kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran puisi adalah penggunaan media pembelajaran yang cenderung monoton dan kurang bervariatif. Selain itu, penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi masih sangat minim. Padahal, berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa fasilitas yang ada di sekolah sudah memadai, seperti tersedianya proyektor dan LCD yang dapat dimanfaatkan sebagai media presentasi. Berdasarkan permasalahan tersebut, perlu adanya pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi yang lebih efektif dan inovatif. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media pembelajaran dengan memanfaatkan aplikasi Focusky dalam materi mengidentifikasi unsur pembangun teks puisi bagi siswa kelas VIII MTs Negeri 5 Blitar, (2) menguji kelayakan media pembelajaran dengan memanfaatkan aplikasi Focusky dalam materi mengidentifikasi unsur pembangun teks puisi bagi siswa kelas VIII MTs Negeri 5 Blitar. Produk pengembangan yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa media pembelajaran Focusky yang didalamnya memuat materi unsur pembangun puisi jenjang SMP/MTs kelas VIII. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Adapun tahapan yang dilakukan sesuai dengan model ADDIE antara lain (1) analisis kebutuhan, (2) perancangan produk, (3) pengembangan produk, (4) implementasi atau uji coba produk, dan (5) evaluasi. Kelima tahapan tersebut dilakukan seluruhnya untuk menghasilkan sebuah produk yang lebih maksimal. Data dalam penelitian dan pengembangan ini berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara dan saran perbaikan dari validator maupun siswa. Sementara itu, data kuantitatif diperoleh dari hasil angket penilaian validator dan tanggapan siswa terhadap media. Hasil validasi materi oleh ahli materi mencapai 90,6%, sementara hasil validasi oleh ahli media mencapai 93,3%. Selanjutnya hasil penilaian guru Bahasa Indonesia mencapai 80%. Ketiga hasil validasi tersebut menunjukkan bahwa media yang telah dikembangkan layak untuk diujicobakan, tentunya dengan beberapa perbaikan. Uji coba dalam penelitian ini dilakukan dua kali, yaitu uji coba terbatas dan uji coba lapangan. Adapun hasil uji coba terbatas dengan 10 siswa mencapai 80,33%, sementara hasil uji coba lapangan dengan 23 siswa mencapai 89,3%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Focusky yang telah dikembangkan dalam kategori sangat baik dan layak untuk diimplementasikan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi teks puisi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: SKRIPSI 12210193012 Dita Karisma Fahriani
Date Deposited: 03 Jun 2023 01:47
Last Modified: 03 Jun 2023 01:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35951

Actions (login required)

View Item View Item