PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV MIN PUCUNG NGANTRU TULUNGAGUNG

UMI ROHMAWATI, 2817123169 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV MIN PUCUNG NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
cver depan skripsi.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
halman depan.pdf

Download (739kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I REVISI.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II REVISI.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III REVISI.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV REVISI.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V REVISI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
rujukan ok.pdf

Download (307kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Peserta Didik Kelas IV MIN Pucung Ngantru Tulungagung ini ditulis oleh Umi Rohmawati, NIM. 2817123169, Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Muhamad Zaini, M.A. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kontekstual, Prestasi Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran IPA kelas IV di MIN Pucung Ngantru Tulungagung yang prestasi belajar peserta didik masih relatif rendah. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penggunaan model pembelajaran kontekstual. Penggunaan model kontekstual dalam proses pembelajaran diharap dapat membantu pemahaman peserta didik dalam mata pelajaran IPA, sehingga pestasi belajar peserta didik dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana peningkatan keaktifan peserta didik melalui model pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran IPA materi memahami beragam sifat dan perubahan wujud benda pada kelas IV MIN Pucung Ngantru Tulungagung? (2) Bagaimana peningkatan kerja sama peserta didik melalui model pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran IPA materi memahami beragam sifat dan perubahan wujud benda pada kelas IV MIN Pucung Ngantru Tulungagung? (3) Bagaimana peningkatan prestasi belajar peserta didik melalui model pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran IPA materi memahami beragam sifat dan perubahan wujud benda pada kelas IV MIN Pucung Ngantru Tulungagung? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk meningkatkan keaktifan peserta didik dengan penerapan model pembelajaran kontekstual mata pelajaran IPA materi memahami beragam sifat dan perubahan wujud benda pada kelas IV MIN Pucung Ngantru Tulungagung (2) Untuk meningkatkan kerja sama peserta didik dengan penerapan model pembelajaran kontekstual mata pelajaran IPA materi memahami 8beragam sifat dan perubahan wujud benda pada kelas IV MIN Pucung Ngantru Tulungagung (3) Untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik melalui model pembelajaran kontekstual mata pelajaran IPA materi memahami beragam sifat dan perubahan wujud benda pada kelas IV MIN Pucung Ngantru Tulungagung. Penelitian ini menggunakan Penilitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MIN Pucung Ngantru Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Tes yang digunakan untuk memperoleh data tentang prestasi belajar IPA peserta didik kelas IV MIN Pucung Ngantru Tulungagung. Sedangkan metode observasi, wawancara dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran IPA, respon peserta didik, keadaan guru dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan prestasi belajar IPA. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan prestasi belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II yaitu nilai rata-rata tes akhir siklus I adalah 73,5 (53,33%.) sedangkan pada test akhir siklus II adalah 82,73 (86,66%). Berdasarkan paparan data, temuan penelitian, dan pembahasan yang telah diuraikan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan prestasi belajar IPA peserta didik kelas IV MIN Pucung Ngantru Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123169 UMI ROHMAWATI
Date Deposited: 15 Aug 2016 06:39
Last Modified: 15 Aug 2016 06:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3599

Actions (login required)

View Item View Item